Stop Bullying Program Aksi Nyata P5 di SMPN 1 Mangunreja

waktu baca 2 menit
Sabtu, 9 Sep 2023 10:07 0 552 Udan Muhdiana

SIAPBELAJAR.COM –  SMPN 1 Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat saat ini telah menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di lingkungan sekolahnya sebagai implementasi dari Kurikulum Merdeka

Dalam penerapannya sekolah ini mengambil projek untuk satu tahun ajar ke-depan secara aksi nyata P5-nya yaitu “Stop Bullying”

Melalui tema bangunlah jiwa dan ragannya yang diimplementasikan SMPN 1 Manguneja lewat selogan “Mencegah dan mencari solusi masalah perundungan sebagai bentuk mulat sarira di kalangan remaja”

Melalui selogan tersebut peserta didik di SMPN 1 Mangunreja diajak tidak hanya memahami tema P5 secara teori tetapi juga dalam implementasinya mereka langsung diarahkan mencari solusi pemecahanya lewat media kampanye anti perundungan.

Pembuatan Website

“Penting untuk mengingatkan bahaya perundungan atau bullying yang hanya memberikan lebih banyak dampak negatif dari pada positifnya. Oleh karena itu siswa SMPN 1 Manguneja harus menjadi lebih peka dan menjaga sikap untuk membangun lingkungan positif sehingga bullying dapat dicegah dan dihilangkan” ujar Kepala SMPN 1 Mangunreja Dendin Wardiana M.Pd.

Sementara, Guru TIK sekaligus Ketua Kordinator P5 Ayi Nurhidayat S. Kom mengatakan, P5 merupakan roh dari implementasi Kurikulum Meredeka. Dalam membangun seorang profil pelajar Pancasila sendiri pada realitanya harus banyak dilakukan aksi nyata dari pada pembelajaran di dalam kelas

“Pembelajaran yang berpusat pada siswa sangat penting karena siswa dapat berkreasi dan berinovasi melahirkan karya sebagai pelajar Pancasila yang kreatif” ujar Ayi.

Jurnalist: Udhan Muhdiana/Editor: Asop Ahmad

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA