Pakaian Adat Menjadi Momen Penting Upacara HUT RI di Istana

waktu baca 2 menit
Sabtu, 19 Agu 2023 18:39 0 402 Ojhon Sundanesse

SIAPBELAJAR.COM – Beragam pakaian adan menjadi momen unik saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (17/8) kemarin.

Pada momen ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara. Jokowi juga terlihat didampingi ibu negara, Iriana serta Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan istri, Wury Estu Handayani.

Pada peringatan HUT ke-78 itu Jokowi dan semua tamu undangan istana terlihat menggunakan baju adat dari seantero Indonesia.

Jokowi mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng yang biasa dikenakan para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat. Sementara Ma’ruf mengenakan pakaian adat dari Provinsi Sumatera Barat

Pembuatan Website

Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan 76 orang Paskibraka dari siswa-siswi perwakilan 38 provinsi.

Upacara di Istana Merdeka, Jakarta pada tahun ini bisa menjadi yang terakhir. Pasalnya, tahun depan rencananya upacara HUT RI direncanakan digelar di IKN Nusantara.

Berikut beberapa momen menarik yang terjadi saat digelarnya upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia di Istana uang sudah dihimpun kemarin:

Sejumlah prajurit TNI berkuda membawa kereta kencana saat mengikuti Kirab Bendera Pusaka Merah Putih dari kawasan Monumen Nasional (Monas) menuju Istana.

Kirab budaya Bendera Pusaka Merah Putih dalam rangka upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang berlangsung di Istana.

Semua undangan yang hadir saat upacara HUT ke-78 RI di Istana turut mengenakan baju adat khas dari seluruh daerah di Indonesia. Tak terkecuali para menteri-menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Ojhon Sundanesse

Moal Kumeok Memeh Dipacok

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA