Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

waktu baca 2 menit
Sabtu, 12 Agu 2023 19:24 0 227 Intan Suryani

SIAPBELAJAR.COM- Daun binahong adalah tumbuhan yang dijadikan obat tradisional dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun binahong dapat digunakan sebagai penyembuh luka, obat diabetes hingga masalah kecantikan.

Daun binahong memiliki banyak kandungan penting seperti vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, flavonoid, riboflavin dan beta karoten. Kandungan senyawa aktif yang terdapat pada daun binahong juga mampu memberikan banyak manfaat kesehatan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Lantas, apa saja manfaat daun binahong yang memiliki nama lain heartleaf madeira vine atau daun berbentuk hati ini?

Manfaat Daun Binahong

Pembuatan Website

1. Mengobati Sakit Maag

Telat makan atau tidak makan tepat waktu dapat menyebabkan sakit perut. Hal tersebut juga dapat membuat sistem pencernaan tidak bekerja tepat waktu, untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut bisa dengan mengonsumsi daun herbal ini. Meski begitu, tetap harus mengatur pola dan waktu makan untuk mencegah sakit perut karna maag.

2. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar harus mendapatkan penanganan yang cepat, ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat.

Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong.

3. Mengobati Asam Urat

Air rebusan daun binahong bisa dikonsumsi bagi para penderita asam urat. Hal ini sudah didukung oleh banyak penelitian. Air rebusan daun herbal ini bisa menurunkan purin penyebab asam urat.

Kandungan flavonoid pada daun binahong memberikan khasiat untuk menghambat pembentukan asam urat sehingga cocok untuk dijadikan obat asam urat.

4. Mengatasi Masalah Haid

Manfaat daun binahong dapat mengatasi masalah haid. Bagi perempuan yang mengalami masalah seputar haid seperti terlambat atau nyeri haid, mengonsumsi rebusan daun binahong secara rutin dapat membantu. Kandungan zat besi dan mineral lainnya dalam binahong dapat membantu melancarkan haid dan meredakan gejala yang terkait.

5. Mengatasi jerawat

Tidak hanya baik untuk tubuh, manfaat daun binahong ini juga baik untuk mendukung kecantikan. Salah satunya adalah membantu mengatasi jerawat. Ini karena tanaman tersebut memiliki kandungan antibakteri sehingga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

6. Meredakan Gatal

Sudah disebutkan di atas bahwa daun binahong memiliki kandungan flavonoid dan saponin yang memiliki sifat anti jamur. Sementara jamur bisa menjadi salah satu penyebab dari adanya iritasi kulit. Maka, daun ini bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal pada kulit.

Dengan memahami kandungannya dan menggunakan tanaman ini secara bijak, kita dapat merasakan manfaat yang luar biasa dari tanaman binahong

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA