Kemenag Gelar Perkemahan Wirakarya Nasional di Gorontalo Akhir Mei 2023

waktu baca 3 menit
Senin, 22 Mei 2023 11:01 0 151 Ojhon Sundanesse

SIAPBELAJAR.COM – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI Tahun 2023 pada 22-23 Mei 2023.

pada tahun ini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo ditunjuk menjadi tuan rumah perkemahan Pramuka Penegak dan Pandeka ini. Hal tersebut dikemukakan Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, di Jakarta.

“IAIN Sultan Amai Gorontalo akan menjadi tuan rumah perhelatan PWN 2023. Salah satu tujuan PWN ini yakni melakukan sinergitas dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat melalui aktivitas yang bersifat bakti kemasyarakatan,” ujar Ali Ramdhani, Selasa (16/5/2023).

Ia meyampaikan, PWN PTK XVI Tahun 2023 merupakan kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang tergabung dalam Gugusdepan di Kampus Perguruan Tinggi Keagamaan. Kegiatan PWN PTK XVI ini akan diikuti perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Se-Indonesia, Perguruan Tinggi Umum dan siswa MAN yang ada di Provinsi Gorontalo.

Pembuatan Website

Ini sekaligus menjadi wahana untuk menguatkan semangat nasionalisme, patriotisme, dan solidaritas antar sesama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan mengedepankan semangat moderasi beragama.

“PWN juga menjadi wadah pembinaan dan pengembangan Pramuka Penegak dan Pandega yang berpangkalan di PTK untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan segala potensi yang dimiliki, meningkatkan kemandirian sehingga mampu mendedikasikan karya dan bakti nyata di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Tri Bina Pramuka,” kata pria yang akrab disapa Kang Dani ini.

Menurut Kang Dani, kegiatan akan diselenggarakan dalam bentuk perkemahan dan diisi dengan kegiatan-kegiatan edukatif, produktif, kreatif, rekreatif dan inovatif yang mengarah pada pembinaan mental dan spiritual.

Perkemahan ini juga akan menempa kesamaptaan jasmani, wawasan kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, persaudaraan, kerukunan, kepedulian, dan kreativitas, peningkatan keterampilan, serta aksi kepedulian para pramuka terhadap masyarakat dan lingkungan.

“Kegiatan yang diselenggarakan disajikan dalam suatu proses kegiatan yang menarik dan mengandung nilai pendidikan sesuai dengan prinsip dasar dan metode Kepramukaan yang memberi manfaat bagi masyarakat setempat,” tandasnya.

Bentuk kegiatan pada PWN PTK XVI Tahun 2023 terbagi menjadi kegiatan umum, kegiatan bakti fisik, bakti non fisik, pengembangan wawasan dan keterampilan serta malam pentas seni budaya nusantara,

Para peserta PWN akan ditempatkan di home stay yang berada di empat desa, yakni Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Desa Pentadio Barat Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Desa Titilihua Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dan Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.

PWN PTK XVI Tahun 2023 mengusung tema Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama dan sub tema Peran Pramuka dalam Penguatan Moderasi Beragama untuk Mencapai Sustainable Development Goals (SDG’s) dengan slogan Berbakti untuk Keberagaman dan Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan.

Ojhon Sundanesse

Moal Kumeok Memeh Dipacok

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA