Sepertiga Mahasiswa Internasional Tetap Bekerja di Belanda Setelah Lulus Kuliah

waktu baca 2 menit
Senin, 25 Sep 2023 13:23 0 213 Neli Krismawati

SIAPBELAJAR.COM – Jumlah mahasiswa internasional yang lulus dari universitas-universitas Belanda telah meningkat secara signifikan selama 17 tahun terakhir dan banyak dari mereka memilih untuk tinggal di Belanda setelah lulus.

Data dari Badan Statistik Nasional, Statistik Belanda (CBS) mengungkapkan bahwa pada Tahun Akademik 2018/2019, sekitar 32% mahasiswa internasional tinggal dan bekerja di negara tersebut satu tahun setelah menyelesaikan studi mereka. Proporsinya meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut laporan CBS, pada Tahun Ajaran 2006/2007, hampir 3 ribu mahasiswa internasional meninggalkan pendidikan universitas dengan gelar (pasca) master. Jumlah tersebut berarti sebanyak 11% dari seluruh lulusan pada tahun akademik saat itu. Pada Tahun Akademik 2019/2020, lebih dari 12 ribu mahasiswa internasional memperoleh gelar master universitas di Belanda. Jumlah ini hampir sepertiga dari jumlah lulusan.

Bidang Studi yang Dipilih

Pembuatan Website

Namun, hal yang sama menunjukkan bahwa jumlah lulusan internasional di universitas-universitas Belanda yang tetap tinggal di negara tersebut berbeda-beda tergantung pada bidang studi yang mereka pilih. Data menunjukkan bahwa sekitar sepertiga mahasiswa internasional memperoleh gelar master di bidang Hukum, Administrasi, Perdagangan dan Jasa Bisnis. Bidang ini paling populer di kalangan mahasiswa internasional, diikuti oleh Jurnalisme, Perilaku dan Masyarakat (seperti Psikologi) serta Teknologi, Industri dan Konstruksi (termasuk Arsitektur).

Sebaliknya, lebih sedikit mahasiswa internasional yang memperoleh ijazah di bidang Kesehatan dan Kesejahteraan, sementara lebih banyak mahasiswa internasional yang memperoleh ijazah di bidang Teknik dibandingkan pelajar lokal (16 berbanding 9%).

CBS mengungkapkan bahwa sebagian besar alumni yang mendapatkan pekerjaan di Belanda satu tahun setelah studi adalah lulusan di bidang jasa, misalnya Supply Chain Management, disusul oleh lulusan Ilmu Komputer dan Pendidikan.

Jumlah Mahasiswa Internasional di Belanda

Hampir sebanyak 123.000 mahasiswa internasional terdaftar di Lembaga Pendidikan Belanda pada tahun ajaran 2022/2023, yang merupakan 15% dari total populasi mahasiswa. Mahasiswa tersebut sebagian besar (93.410 mahasiswa) berasal dari Eropa dan sebagian besar berasal dari Jerman. Jumlah yang signifikan, 21.130 mahasiswa berasal dari Asia, 5.260 mahasiswa dari Amerika Selatan dan 2.230 dari Amerika Utara.

Lebih dari dua pertiga mahasiswa internasional pada tahun 2022/2023 terdaftar di universitas, dengan 43% mengejar gelar sarjana. Sebanyak 52.370 mahasiswa internasional sedang mengejar program gelar sarjana universitas (WO/Wetenschappelijk Onderwijs, yang berarti Pendidikan Ilmiah) dibandingkan dengan 167.140 mahasiswa Belanda.

Upaya Mengurangi Mahasiswa Internasional di Belanda

Dalam upaya mengurangi jumlah mahasiswa internasional di negaranya, pemerintah Belanda berencana membatasi studi bahasa Inggris di universitas. Menteri Pendidikan, Robbert Dijkgraaf telah mengumumkan rencana baru di mana universitas akan diminta untuk mengajar setidaknya dua pertiga dari kredit sarjana tahunan dalam bahasa Belanda mulai tahun akademik 2025/2026 dan seterusnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA