Gerak Cepat,Tim Nakes Puskesmas Karanganyar Lakukan PIN Polio Tingkat Kecamatan Kawalu

waktu baca 4 menit
Sabtu, 20 Mei 2023 11:43 1 221 Udan Muhdiana

SIAPBELAJAR.COM –  Posyandu Matahari menjadi salah satu diantara beberapa tempat pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (Pin) Polio yang dilaksanakan secara serentak sejak 3-15 April tahap pertama dan 15 – 27 Mie 2023 tahap dua.

Kegiatan Pin Polio dilaksanakan di Madrasan Al-Ikhlas jalan Saguling Panjang,Kelurahan Cilamajang, Kecatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Jumat (19/05/2023).

Pelaksanaan imunisasi pihak Puskesmas Karanganyar menerjunkan beberapa tim tenaga kesehatan(Nakes) untuk melaksanakan program PIN POLIO.

Sekertaris camat (Sekmat) Kawalu Guruh Andriyansah, mengatakan, terimakasih kepada orang tua yang sudah membawa anaknya untuk mengikuti vaksin tetes polio.

Pembuatan Website

“Mudah-mudahan setelah mengukuti paksini ini anak – anaknya menjadi sehat,khususnya pada bayi dan balita dan tidak terjangkit penyakit polio.” Ujarnya.

Sementara, Kasi Cilamajang Meyra menuturkan, setelah adanya Pin Polio tersebut kegiatannya berkelanjutan sehingga banyak manfaatnya bagi bayi dan balita.

” Mudah-mudahan dengan adanya vaksin polio ini banyak manfaatnya bagi anak-anak kita semua, sehingga dapat menerima manfaat dari kegiatan ini.” Katanya.

“Saya mewakili orang tua peserta vaksinasi Pin Polio turut Terimakasih telah mengadakan kegiatan positif ini, mudah-mudahan, menjadi anak yang sehat, tidak terdampak penyakit polio” kata salah satu orang tua peserta vaksnasi polio Ai Nur.

Dalam menyukseskan PIN Polio, banyak melibatkan perangat pemerintah daerah diantaranya, Kasi Cilamajang, Ketua LPM, Ketua ARWT, TNI -POLRI, Ketua Rw setempat dan 48 peserta bayi, balita dan orang tua, dan masyarakat setempat.

Manfaat Pin Polio Bagi Balita dan Anak

Pin polio adalah singkatan dari pekan imunisasi nasional polio. Polio merupakan penyakit yang dapat menimbulkan kelumpuhan yang disebabkan oleh virus. Tapi disamping virus berbahaya manfaat virus dalam kehidupan manusia juga ada.

Satu–satunya cara mencegah polio adalah dengan manfaat imunisasi. Polio banyak menyerang anak berusia lima belas tahun kebawah. Tapi sasaran untuk pin polio ini adalah balita berumur 0 sampai 59 bulan.

Pin polio memiliki manfaat tidak hanya bagi anak tapi juga pada orang tua, Berikut ini penjelasannya :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh anak

Tujuan diberikan imunisasi polio bagi anak adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dari virus yang dapat menyebabkan polio.

Polio tidak dapat di obati tapi dapat dicegah dengan pemberian vaksin bagi anak dibawah umur 59 bulan.

2. Peran Orang Tua

Orang tua harus mengetahui mulai dari manfaat pin polio, gejala penyakit polio dan penyebab penyakit polio bagi anak. Sehingga saat menemukan tanda – tandanya orang tua bisa lansung bisa membawa anak ke puskesmas terdekat. Ini penting mengingat penyakit polio dalam kondisi darurat dapat menyebabkan kematian bagi anak.

Efek Samping Imunisasi Polio

Imunisasi polio diberikan kepada anak sesuai dengan jadwal  pemberian manfaat vaksin untuk polio sudah diatur sebelumnya.

Jadwal imunisasi polio mengacu pada pemberitahuan yang diberikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia kepanjangan dari IDAI, bahwa imunisasi polio diberikan dengan jadwal sebanyak minimal empat kali dalam empat minggu dengan usia anak 0 bulan, 2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan.

Dan jadwal imunisasi polio ini dapat di tunda jika anak yang bersangkutan mengalami demam maka jadwal imunisasinya di majukan saat demam anak sudah mulai turun.

Efek samping polio sangat jarang terjadi. Tapi ada beberapa anak yang merasakan gejala ringan seperti pusing, diare dan nyeri otot setelah pemberian vaksin imunisasi polio.

Vaksin polio terbagi menjadi dua yaitu :

1. Oral Polio Vaccine

Vaksin ini banyak di gunakan di Indonesia. Efek samping dari oral polio vaccine ini hampir tidak ada. Itulah sebabnya vaksin ini banyak digunakan.

Indonesia merupakan negara yang menggunakan vaksin jenis ini untuk penyakit polio.Vaksin ini diberikan dengan cara di tetes pada mulut anak sebanyak dua kali tetes.

2. Incativated Polio Vaccine
Vaksin ini memiliki efek samping ringan berupa:

a. Anak tiba – tiba menderita  demam setelah diberi suntikan vaksin Incativates Polio Vaccine. Dan akan menghilang efek setelah beberap jam.

b. Tempat suntikan vaksin terkadang memerah dan bengkak disertai rasa nyeri untuk sementara waktu dan akan hilang dengan sendirinya.

Vaksin IPV ini cara pemberiannya adalah dengan di suntik kepada lengan anak. Vaksi IPV ini merupakan virus polio yang telah dimatikan untuk di berikan pada anak yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Efek samping dari imunisasi polio ini dapat terasa oleh  anak sesaat setelah diberi vaksin. Orang tua untuk ini di minta lebih peka terhadap efek samping yang mungkin muncul pada anak balita setelah pemberian vaksin polio.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA