Bingung! Berikut Tahap Awal Membuat Kerajinan Tangan

waktu baca 3 menit
Minggu, 7 Mei 2023 23:50 0 560 Siap Belajar

SIAPBELAJAR.COM – Kerajinan tangan adalah proses membuat benda dengan menggunakan kedua tangan dan alat bantu. Berdasarkan fungsinya, kerajinan tangan terbagi atas benda hias seperti bunga plastik dan benda pakai seperti vas bunga atau tempat tisu.

Untuk membuat kerajinan, terdapat tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Nandang Subarnas dalam buku Terampil Berkreasi menjelaskan tahapan pembuatan kerajinan tangan yang dimulai dari membuat rancangan, menyiapkan alat dan bahan, membuat benda berdasarkan rancangan, dan melakukan penyelesaian akhir (finishing).

Tahapan Membuat Kerajinan Tangan

  1. Membuat rancangan

Tahap awal membuat kerajinan tangan adalah membentuk rancangan. Rancangan bisa berupa gambar yang menggunakan pena atau berbentuk digital. Rancangan ini akan menjadi dasar pembuatan kerajinan tangan.

Pembuatan Website

Di dalam pembuatan rancangan, terdapat dua hal yang harus diperhatikan: tema dan bentuk desain. Tema yang dipilih akan mempengaruhi warna bahan, sedangkan bentuk desain akan mempengaruhi alat dan bahan apa saja yang akan digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan nantinya.

  1. Menyiapkan alat dan bahan

Jika rancangan sudah ditentukan, tahap selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan. Bahan harus sesuai dengan kerajinan apa yang akan dibuat. Contohnya, untuk membuat bunga plastik, maka bahan yang digunakan adalah sedotan plastik dan kawat.

Warna bahan harus sesuai dengan tema yang dipilih. Jika bertema ceria dan cantik, maka warna yang bisa digunakan adalah merah muda, oranye, merah, ungu dan warna terang lainnya. Dan jika bertema kesedihan, maka warna yang bisa digunakan adalah hitam, biru tua, merah tua, dan warna gelap lainnya.

Lalu, yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah alat. Ini berfungsi untuk membentuk bahan menjadi sesuai dengan rancangan yang diinginkan. Misalnya, dalam pembuatan bunga plastik, alat yang dibutuhkan adalah gunting dan anak kunci. Gunting berfungsi untuk memotong sedotan plastik, sedangkan anak kunci berguna untuk membentuk sedotan menjadi lebih berserat bak kelopak bunga.

  1. Membuat benda berdasarkan rancangan

Setelah alat dan bahan sudah siap, tahap selanjutnya adalah membuat benda berdasarkan rancangan. Berikut adalah contoh cara membuat bunga plastik yang dikutip dari buku Kerajinan Tangan dan Kesenian oleh Dedi Nurhadiyat.

  • Sedotan minuman dibelah dua dengan gunting.
  • Membentuk serat di sedotan plastik agar menyerupai kelopak bunga. Caranya adalah menggunakan anak kunci dan ditekan ke sedotan plastik, lalu ditarik sampai sedotan melengkung dan berserat.
  • Lakukan hal yang sama sampai mendapatkan jumlah kelopak yang diinginkan, biasanya membutuhkan 8-10 kelopak bunga.
  • Siapkan kawat, lalu dililit menggunakan kertas berwarna hijau atau coklat. Kawat akan digunakan sebagai batang.
  • Satukan kelopak bunga dengan kawat di tengah.
  • Tempelkan kertas yang telah diberi double tip dan dililitkan ke kawat yang mengenai ujung kelopak bunga. Pastikan semua kelopak bunga menempel dengan baik.
  1. Melakukan penyelesaian akhir (finishing)

Langkah terakhir adalah finishing. Biasanya, finishing dilakukan untuk merapikan dan memperindah kerajinan tangan yang dibuat. Misal, bunga plastik di atas sudah menjadi bunga yang bagus tetapi belum memiliki daun.

Pada tahap finishing inilah daun dibuat untuk melengkapi dan memperindah bunga plastik yang sudah jadi.

Siap Belajar

Media Literasi Nasional

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA