5 Manfaat Menjadi Pengurus Osis

waktu baca 3 menit
Rabu, 13 Sep 2023 09:33 0 508 Intan Suryani

SIAPBELAJAR.COM- Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah wadah bagi siswa-siswa sekolah untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan di luar lingkungan akademis. OSIS memiliki peran penting dalam membentuk karakter, kepribadian, dan keterampilan siswa.

Melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS, siswa dapat mengembangkan berbagai aspek diri mereka dan belajar berbagai keterampilan yang tidak hanya bermanfaat selama masa sekolah, tetapi juga sepanjang hidup.

1. Pengembangan Kepemimpinan

Salah satu manfaat utama dari ikut OSIS adalah kesempatan untuk mengembangkan kepemimpinan. Di dalam OSIS, kamu memiliki kesempatan untuk menjadi anggota pengurus OSIS atau bahkan menjadi ketua OSIS.

Pembuatan Website

Melalui tanggung jawab ini, kamu akan belajar bagaimana memimpin dan mengelola tim, mengambil keputusan yang baik, dan menghadapi tantangan dalam mengatur berbagai kegiatan sekolah.

Pengalaman tersebut akan membawamu untuk terus berperan aktif baik di lingkungan kampus nanti, di tempat kerja, atau mungkin lingkungan tempatmu tinggal.

Baca juga: 15 Ketua Osis Terbaik Dapat Golden Ticket dari IPB University

2. Membangun Suatu Koneksi

Suatu koneksi ini akan bermanfaat di masa depan ketika kamu memasuki dunia kerja atau kehidupan perguruan tinggi. Koneksi yang terjalin selama ikut OSIS dapat menjadi nilai tambah yang berharga dalam perjalanan karir dan kehidupan pribadimu.

Tak berhenti disana, keuntungan lain menjadi pengurus OSIS membuat kamu mudah dikenal oleh siswa-siswi di sekolah,bahkan bukan hanya di sekolahmu, karena sering mengadakan kegiatan di luar, kamu juga pasti akan banyak berteman dengan siswa sekolah lain.

Selain itu, kamu juga akan lebih dikenal guru-guru di sekolah. Keuntungan dekat dengan guru akan membuatmu lebih up-to-date dengan berita-berita di sekolah.

3. Melatih Berpikir Kreatif

OSIS memberi siswa kesempatan untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam merencanakan kegiatan-kegiatan sekolah. Kamu dapat mengusulkan ide-ide baru yang berbeda untuk membuat kegiatan sekolah lebih menarik dan bermanfaat.

Dalam proses ini, kamu akan mengembangkan imajinasi dan keterampilan kreatif yang penting untuk memecahkan masalah dengan cara yang inovatif.

Dari situlah, pengurus OSIS mampu berpikir out of the box, seperti mencari penggalangan dana dengan mencari sponshorship, menjual produk tertentu. Dengan begitu, kamu akan terbiasa berpikir kreatif dalam mencari solusi dari berbagai persoalan.

4. Mendapat Pengalaman Berorganisasi dan Bekerja Sama Dalam Tim

Saat kamu melamar kerja nanti, pengalaman organisasi adalah salah satu hal yang akan ditanyakan. Mampu bekerja sama dalam tim juga menjadi salah satu faktor yang dicari. Jika masa sekolahmu dihabiskan dengan kegiatan organisasi, tentu akan lebih baik dan menarik.

5. Mendapat Peluang Kuliah Lewat Jalur OSIS

Tentu banyak keuntungan yang akan kamu peroleh dengan menjadi pengurus organisasi di tingkat sekolah ini.

Dari sekian banyak keuntungan yang bakal kamu peroleh, hal utama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah peluang untuk mendapatkan beasiswa di berbagai perguruan tinggi.

Karena dedikasi yang besar terhadap sekolah, beberapa universitas memberikan kemudahan bagi pengurus OSIS melalui pemberian beasiswa.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA