Medhanita Dewi, Dosen IPB Yang Ciptakan Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

waktu baca 2 menit
Sabtu, 27 Mei 2023 13:39 0 191 Intan Suryani

SIAPBELAJAR.COM – Dosen Manajemen Informatika Sekolah Vokasi IPB, Medhanita mencoba menerjemahkan suara tangisan bayi.

Medhanita mencoba mengungkap arti tangisan bayi dengan membuat aplikasi penerjemah tangisan bayi yang diberi nama ‘Madsaz’. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Madsaz sudah diunduh oleh lebih dari 180 ribu orang.

“Manfaat dari aplikasi ini alhamdulillah sudah banyak membantu ibu-ibu, utamanya yang baru punya anak untuk menerjemahkan tangisan bayinya,” kata Medhanita dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud

Ide pembuatan aplikasi penerjemah tangisan bayi, awalnya datang ketika pada tahun 2011 Medhanita melahirkan bayi. Saat itu ia benar-benar mempelajari arti tangisan bayi, sehingga ketika bayinya menangis ia tidak panik, karena sudah memiliki solusi.

Pembuatan Website

Karena menurutnya menarik, alumnus Institut Pertanian Bogor itu di masa S1 dan S2 nya, pelan-pelan mulai membuat aplikasi yang diberi nama Mazdas.

Mazdas merupakan aplikasi yang dipergunakan untuk menerjemahkan tangisan bayi 0-3 bulan. Dalam aplikasi tersebut, ada 5 tangisan utama bayi dengan kode khusus yang sudah ia ciptakan.

Aplikasi yang diciptakan Medhanita mampu menerjemahkan tangisan bayi berusia 0-3 bulan. Aplikasi ini bisa menerjemahkan tangisan bayi ketika bayi lapar, bayi lelah atau mengantuk, bayi ingin bersendawa, bayi masuk angin dan perutnya kembung, dan bayi tidak nyaman, entah karena popok basah atau karena udaranya.

Medhanita mengklaim bahwa aplikasi buatannya sudah 100 persen pada tingkat akurasinya, untuk bisa menerjemahkan tangisan bayi.

Cara kerja aplikasi yang Medhanita ciptakan yaitu, saat bayi menangis, rekam saja suaranya dengan waktu 10-20 detik. Nantinya hasilnya akan keluar di aplikasi tersebut, dan menampilkan solusi yang bisa ibu bayi terapkan untuk menghadapi bayinya yang tengah menangis.

Kelemahan aplikasi ini, tangisan lain di luar 5 jenis tersebut agak sulit untuk diterjemahkan. Dan aplikasi ini juga hanya efektif untuk menerjemahkan tangisan bayi berusia 0-3 bulan saja.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA