Tentangan Usulan Pembatasan Jumlah Pelajar Internasional di Kanada

waktu baca 2 menit
Selasa, 19 Sep 2023 19:41 0 226 Neli Krismawati

SIAPBELAJAR.COM – Beberapa provinsi di Kanada menentang rencana pemerintah untuk membatasi jumlah pelajar internasional dalam upaya mengatasi krisis perumahan. Baru-baru ini, Menteri Perumahan Kanada, Sean Fraser mengusulkan pembatasan jumlah pelajar internasional yang memasuki Kanada untuk mengatasi melonjaknya harga perumahan di negara tersebut.

Sean Fraser, Menteri Imigrasi, Marc Miller, dan Menteri Keamanan Publik, Dominic LeBlanc mengatakan bahwa Ottawa sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk memberlakukan batasan penerimaan pelajar. Pernyataan tersebut tidak disambut baik oleh pemerintah provinsi dan daerah, dengan menyatakan bahwa mereka belum diajak berkonsultasi mengenai pembatasan jumlah pelajar.

Diskusi Mengenai Pembatasan Pelajar Internasional

Sebanyak tiga provinsi di Kanada, diantaranya adalah British Columbia, New Brunswick, Newfoundland dan Labrador, membantah telah dihubungi mengenai usulan batasan tersebut. Hanya pemerintah Wilayah Barat Laut (Government of the Northwest Territories/GNWT) yang mengakui bahwa mereka telah dihubungi mengenai batasan tersebut.

Pembuatan Website

“GNWT telah melakukan diskusi dengan pemerintah federal mengenai potensi perubahan pada pelajar internasional dan meski bukan menjadi fokus utama, namun usulan pembatasan tersebut telah disebutkan,” kata juru bicara pemerintah NWT.

Perwakilan dari provinsi lain mengatakan bahwa mereka menunggu untuk meninjau kebijakan penerimaan pelajar internasional dan berkonsultasi mengenai masalah tersebut sebelum mengambil keputusan. Mereka juga menyoroti pentingnya keberadaan pelajar internasional, khususnya ketika mengatasi tantangan demografi.

Menteri mengatakan bahwa ia berencana untuk memulai pembicaraan mengenai jumlah pelajar dan mencari tahu apa lagi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki krisis perumahan. Fraser, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Imigrasi, mengatakan bahwa peningkatan tajam jumlah pelajar internasional di Kanada memberikan tekanan pada pasar perumahan. Oleh karena itu, pembatasan menjadi salah satu opsi yang dipertimbangkan. “Saya pikir itu adalah salah satu opsi yang harus kita pertimbangkan. Pemerintah belum mengambil keputusan,” jelasnya.

Jumlah Pelajar Internasional di Kanada

Menurut data resmi, terdapat lebih dari 800.000 pelajar internasional yang belajar di Kanada tahun lalu, meningkat 193% dari tahun 2012, ketika total 275.000 pelajar asing terdaftar di lembaga pendidikan Kanada. Krisis perumahan di Kanada semakin memburuk pada tahun ini, sehingga menyebabkan pihak berwenang mempertimbangkan pembatasan pelajar internasional untuk pertama kalinya.

Solusi untuk Mengatasi Krisis Perumahan

Menurut pemaparan dari Canada Mortgage and Housing Corp. (CMHC) menyebutkan bahwa untuk mengatasi krisis keterjangkauan perumahan, Kanada membutuhkan lebih dari 22 juta unit rumah pada tahun 2030, yang berarti harus ada 3,5 juta unit rumah tambahan di negara tersebut untuk memulihkan keterjangkauan. Aled ab Iorwerth, Wakil Kepala Ekonom CMHC, menyoroti perlunya transformasi drastis di sektor perumahan Kanada, termasuk kebijakan pemerintah.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA