Perkuat Kearifan Lokal Siswa SMPN 1 Mangunreja Isi Jam Istirahat dengan Game Tardisional

waktu baca 1 menit
Selasa, 19 Sep 2023 05:24 0 345 Udan Muhdiana

SIAPBELAJAR.COM – Sejumlah murid kelas VIl SMPN 1 Mangunreja diperkenalkan dengan jajanan dan permainan tradisional pada kegaiatan pertama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), bertempat di aula sekolah, Kamis pagi pekan kemarin. Dengan tema Kearifan Lokal.

Disampaikan Koordinator Guru BK SMPN1 Mangunreja, Dian Febrianti Ayuningtias S.Pd, menurutnya, banyak makanan maupun permainan tradisional yang harus diketahui, digali murid-murid sebagai bentuk penghargaan dan syukur terhadap kreativitas para leluhur yang telah menciptakan berbagai makanan maupun permainan yang bersumber dari kekayaan alam sekitar

“Kita berharap dengan mengenalkan lebih dekat beragam makanan dan permainan tradisional akan membentuk karakter profil pelajar Pancasila. Murid-murid akan semakin menghargai dan menghormati leluhur akan warisannya” ujar Dian.

“Muncul pula daya nalar kritis murid, kreatif, bahkan jiwa gotong royong setelah mengetahui cara membuat makanan maupun permainan tradisional. Bahkan bisa jadi mereka mampu mencipta makanan atau permainan lainnya, yang bersumber dari kekayaan alam” sambungnya.

Pembuatan Website

Kegiatan P5 hari tersebut mengisi kekosongan pada jam istirahat dengan memanfaatkan waktunya dengan permainan tradisional yaitu bola bekel. Semangat dengan game yang dipandu guru kelas membuat suasana semakin riuh bersemangat.

Dian menambahkan, tujuannya untuk mengenalkan permainan tradisional kepada anak anak gen Z, karna banyak dari mereka yang tidak tahu sama sekali adanya permainan tradisonal.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA