Australia & Kanada Menjadi Destinasi Studi Pilihan Mahasiswa Internasional

waktu baca 2 menit
Kamis, 23 Nov 2023 13:12 0 97 Neli Krismawati

SIAPBELAJAR.COM – Berdasarkan survei yang dilakukan oleh IDP Connect, pemimpin dalam pemasaran dan rekrutmen mahasiswa menyatakan bahwa semakin banyak mahasiswa internasional yang tertarik untuk mengejar gelar di Australia, sehingga membawa negara tersebut ke posisi kompetitif dengan Kanada. Berdasarkan hasil survei, terdapat 2% lebih banyak mahasiswa internasional yang memilih Australia sebagai tujuan studi pilihan mereka.

Meskipun mengalami penurunan popularitas, Kanada tetap menjadi pilihan utama bagi mahasiswa internasional, mempertahankan posisinya di samping Australia. Inggris berada di peringkat ketiga negara yang paling disukai, dengan 22% mahasiswa internasional mengatakan bahwa Inggris merupakan pilihan pertama mereka. Sebaliknya, Amerika Serikat yang pada Tahun Ajaran 2021/2022 menarik sebanyak 948.519 mahasiswa internasional menduduki peringkat keempat dengan 19% pelajar yang memilihnya.

Dalam rilis keempat Emerging Futures, IDP mengumpulkan data dengan mensurvei lebih dari 10.000 calon mahasiswa dan mahasiswa saat ini dari 98 negara. Meskipun demikian, survei tersebut menemukan bahwa para mahasiswa tidak menilai keempat negara tersebut setinggi yang mereka lakukan pada survei sebelumnya pada bulan Maret tahun ini.

Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa

Pembuatan Website

Berdasarkan temuan-temuan ini, faktor utama yang mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk belajar di salah satu negara tersebut adalah kualitas pendidikan dan peluang kerja setelah menyelesaikan studi berada di urutan terakhir.

Prospek karir setelah lulus menjadikan Australia sangat menarik bagi mahasiswa internasional. Di belakang Australia terdapat Kanada dan Amerika Serikat, dimana mahasiswa internasional melihat adanya keuntungan dalam hal peluang kerja setelah menyelesaikan studi.

Jumlah Mahasiswa Internasional di Australia, Kanada dan Inggris

Pada tahun lalu, Australia menerima total 619.371 mahasiswa internasional, dimana 361.247 mahasiswa di antaranya hanya bersekolah di Institusi Pendidikan Tinggi. Di sisi lain, Kanada menampung 551.405 mahasiswa internasional pada tahun 2022. Jumlah total mahasiswa internasional dengan izin belajar Kanada yang sah pada akhir tahun adalah sebanyak 807.750 mahasiswa.

Sebanyak 679.970 mahasiswa internasional kuliah di universitas-universitas Inggris pada tahun akademik 2021/2022, naik sebesar 12% dibandingkan tahun 2020/2021 ketika sebanyak 605.130 mahasiswa internasional belajar di Inggris.

Negara Asal Mahasiswa Internasional

China dan India merupakan negara asal utama mahasiswa internasional di keempat negara tersebut. Survei lain yang dilakukan oleh perusahaan konsultan Nous Group dan penyedia pendidikan global Navitas mengungkapkan bahwa perekrutan mahasiswa internasional merupakan prioritas bagi universitas-universitas di Australia, Kanada dan Inggris.

Hal ini dikonfirmasi oleh 48% pimpinan universitas, yang mengatakan bahwa mereka sangat yakin bahwa mahasiswa internasional merupakan prioritas utama di institusi tempat mereka mengabdi.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA