SEA Games 2023 Kamboja Resmi Berakhir

waktu baca 2 menit
Sabtu, 20 Mei 2023 11:36 0 142 Lusi Yulia Irfani

SIAPBELAJAR.COM – Ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara telah resmi berakhir. Upacara penutupan yang berlangsung di Morodok Techo National Stadium pada Rabu (17/5/2023) malam WIB menjadi penanda berakhirnya ajang dua tahunan tersebut, SEA Games, edisi ke-33 siap bergulir di Thailand pada tahun 2025.

Penyerahan Bendera

Hal ini ditandai dengan penyerahan bendera Federasi SEA Games (SEAGF) dari tuan rumah SEA Games 2023 Kamboja, kepada perwakilan SEA Games Thailand pada upacara penutupan SEA Games ke-32, di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh.

Secara simbolis bendera SEAGF yang diturunkan tadi diserahkan kepada perwakilan Thailand. Dengan begitu, Thailand secara resmi bakal menggelar edisi ke-33 dari ajang dua tahunan tersebut pada 2025 mendatang.

Pembuatan Website

Kemudian, pertunjukkan parade tarian dari tiga kota yang akan menggelar SEA Games 2025 Thailand pun ditampilkan. Adapun ketiga kota yang dimaksud adalah Bangkok, Chonburi dan Songkhla.

Dengan Gerakan yang indah nan lemah gemulai, para penari dengan manisnya melakukan tarian dari ketiga kota tersebut. Masing-masing dari tarian itu menggambarkan ciri khas budaya dari masyarakat setempat.

Lalu, bendera dari 11 negara ASEAN dan bendera SEAGF dikibarkan sebagai tanda penerimaan dari tuan rumah selanjutnya. ‘Sawadee SEA Games’ begitulah kata-kata yang diusung oleh Thailand untuk menerima para peserta bertanding di negara mereka dalam dua tahun mendatang.

Pesta kembang api yang sangat meriah pun menjadi penutup dari rangkaian upacara penutupan SEA Games 2023 Kamboja. Para penonton pun bersorak-sorai melihat atraksi kembang api yang sangat memanjakan mata itu.

SEA Games 2023 Kamboja sendiri ditutup dengan Vietnam keluar sebagai juara umum dalam klasemen akhir perolehan medali. Mereka sukses mengantongi total 355 medali dengan rincian 136 emas, 105 perak dan 114 perunggu.

Kemudian, Thailand duduk di posisi kedua dengan total 312 medali yang terdiri dari 108 emas, 86 perak dan 108 perunggu. Lalu, Indonesia menempati urutan ketiga dengan raihan total 276 medali yakni 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA