Mengenal Tradisi Ater-Ater Ajhem Adhun Masyarakat Bangkalan Saat Idul Adha

waktu baca 2 menit
Senin, 3 Jul 2023 10:34 0 268 Intan Suryani

SIAPBELAJAR.COM- Masyarakat Indonesia selalu merayakan hari raya Idul Adha dengan suka cita, termasuk berbagi makanan khas dengan tetangga dan kerabat. Seperti yang biasa dilakukan masyarakat Madura termasuk Bangkalan. Tradisi ini diberi nama ater-ater (antar-antar).

Tradisi ater-ater ajhem (mengantarkan ayam) adhun atau makanan yang lengkap dengan lauk pauknya, diberikan kepada keluarga maupun tetangga sekitar rumah.

“Momen semacam ini biasanya disukai para anak-anak, dengan mengikuti ibunya saat mengantarkan makanan. Karena ia juga bisa mendapatkan uang dari orang yang diberikan makanan. Sebaliknya jika tetangga itu ater-ater ke rumah saya, kalau ada anaknya yang ikut ater-ater akan diberi uang semampunya,” kata Abdurrahim, warga Burneh Bangkalan, Kamis (29/6).

Ia melanjutkan, ater-ater ajhem adhun ini merupakan cara masyarakat Bangkalan untuk berbagi atau bersedekah makanan dan untuk mempererat silaturahmi saat Idul Adha.

Pembuatan Website

“Makanan yang paling utama untuk dihantarkan yakni ajhem adhun. Sebuah kuliner khas daerah setempat, yang terbuat dari ayam kampung panggang, dengan kuah santan kental,” tuturnya.

Ia mengtakan, menu istimewa dan khas racikan warga Desa Burneh dan Langka Bangkalan adalah ajhem adhun, yang dikenal memiliki cita rasa yang lezat.

“Kuliner ajhem adhun ini bisa disajikan bersama nasi, atau bisa juga dengan ketupat maupun lontong. Bila dipadukan dengan ayam panggang khususnya ayam kampung dan dicampur dengan kuah santan kental, serta sambal bujhe cabbih (sambel cabai), memiliki kenikmatan rasa yang legendaris, terutama di kalangan masyarakat Bangkalan sendiri. Karena masakan ini hanya ada di wilayah Burneh Bangkalan, maka warga setempat maupun dari masyarakat luar daerah yang datang, akan disuguhkan hidangan ajhem adhun ini,” terangnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA