Melihat Tasikmalaya dari Dekat: 6 Fakta Menarik di Balik Julukan “Delhi van Java”

waktu baca 2 menit
Minggu, 23 Jun 2024 18:10 0 131 Asop Ahmad

SIAPBELAJAR.COM – Tasikmalaya, sebuah kota di Jawa Barat, dikenal dengan julukannya yang unik: “Delhi van Java.” Berikut ini adalah enam fakta menarik tentang Tasikmalaya yang mengungkap pesonanya yang memikat dan sejarah yang kaya:

1. Julukan Delhi van Java

Tasikmalaya pernah mendapat julukan “Delhi van Java” pada masa kolonial Belanda. Julukan ini diberikan karena keindahan alam dan suasana kota yang eksotis, mengingatkan pada ibu kota India, Delhi.

Keberagaman budaya dan seni tradisional yang kaya juga menambah pesona Tasikmalaya pada masa itu.

Pembuatan Website

2. Sentra Kerajinan Anyaman dan Bordir

Kota ini terkenal sebagai pusat kerajinan anyaman dan bordir. Produk-produk kerajinan tangan dari Tasikmalaya, seperti tikar pandan dan bordir khas Tasik, telah menembus pasar nasional dan internasional.

Keahlian ini diwariskan secara turun-temurun dan menjadi bagian penting dari identitas budaya lokal.

3. Wisata Alam yang Mempesona

Tasikmalaya menawarkan beragam destinasi wisata alam yang memukau. Gunung Galunggung, dengan kawah dan pemandian air panasnya, merupakan salah satu daya tarik utama.

Selain itu, Tasikmalaya juga memiliki Pantai Cipatujah yang indah, serta air terjun yang eksotis seperti Curug Badak dan Curug Cimanintin.

4. Budaya dan Tradisi yang Kaya

Tasikmalaya kaya akan budaya dan tradisi. Salah satu tradisi yang terkenal adalah seni tari Jaipong dan pencak silat.

Selain itu, Tasikmalaya juga dikenal dengan berbagai festival budaya, seperti Seren Taun yang merayakan panen raya dengan upacara adat dan pertunjukan seni tradisional.

5. Kuliner Khas yang Menggugah Selera

Tasikmalaya memiliki beragam kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Nasi tutug oncom, misalnya, adalah hidangan yang terkenal di kota ini.

Selain itu, Tasikmalaya juga terkenal dengan makanan ringan seperti sale pisang dan keripik singkong yang renyah dan lezat.

6. Penghasil Batik Priangan

Tasikmalaya adalah salah satu daerah penghasil batik Priangan yang terkenal di Jawa Barat. Motif batik Tasikmalaya cenderung memiliki corak yang khas dengan warna-warna yang elegan.

Batik ini tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal, tetapi juga oleh para pecinta batik dari berbagai daerah.

Tasikmalaya, dengan segala pesona dan kekayaannya, terus berkembang dan mempertahankan warisan budayanya yang berharga. Julukan “Delhi van Java” mungkin sudah jarang terdengar, tetapi keindahan dan daya tarik kota ini tetap abadi di hati para penduduknya dan siapa saja yang berkunjung.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA