Fitur Baru QRIS Bisa Dipakai Transfer Hingga Setor Tunai

waktu baca 2 menit
Jumat, 23 Jun 2023 19:17 0 289 Lusi Yulia Irfani

SIAPBELAJAR.COM – Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengungkapkan peluncuran fitur. Quick Response Code Indonesian Standard Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai (QRIS TUNTAS) rencananya akan dilakukan pada Agustus 2023.

“Saat ini sudah ada 16 peserta yang siap piloting untuk fitur ini. Piloting sudah dilakukan sejak 2021 dan di 2022 sudah soft launching saat di Bali, mudah-mudahan di Agustus nanti bisa grand Launching,” ujar Filianingsih dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur Bulan Juni 2023 di Jakarta.

Fitur Terbaru

Fitur QRIS transfer di mana pengguna bisa melakukan transfer dana ke sesama penguna QRIS dengan mengunakan kode QR.

Pembuatan Website

Caranya sangat mudah, pelanggan cukup melakukan scan kode QRIS yang telah di-generate oleh pihak penerima dana terlebih dahulu, kemudian pilih sumber dana, pastikan julamh dana yang ditransfer sesuai dan masukan nomor pin.

“Pengguna dapat melakukan transaksi penarikan dana dengan cara memindai kode QRIS di mesin ATM atau merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra untuk tarik tunai,” tulis BI pengumumannya, Jumat (23/6/2023).

Selanjutnya, pengguna QRIS juga bisa menikmati fitur setor tunar dengan hanya memindai kode QR di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Metode pembayaran push payment digunakan, dimana penyetor menunjukkan kode QRIS miliknya ke perangkat pemindai di Mesin Setor Tunai (CDM/ATM) atau merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra untuk setor tunai,” kata dia.

Cara menyetor tunai menggunakan QRIS juga sangat mudah dengan mendatangan ATM atau merchant yang bisa menerima setor tunai. Selanjutnya, menginformasikan nominal yang akan disetor sekaligus memasukkan uang ke dalam mesin ATM atau kepada Agen.

Setelah itu, pindai QR code yang ditampilkan oleh mesin ATM atau agen. Lalu pengguna akan menerima notifikasi bahwa transaksi telah berhasil.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA