Pertama Kali Basket Putri Indonesia Raih Emas SEA Games

waktu baca 2 menit
Senin, 15 Mei 2023 18:47 0 353 Lusi Yulia Irfani

SIAPBELAJAR.COM – Tim bola basket putri mencetak sejarah Lewat perolehan medali emas pertama secara sempurna, yang menyapu bersih semua laga dengan kemenangan di SEA Games XXXII/2023, di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (14/5/2023).

Kepastian itu didapatkan setelah Timnas basket putri Indonesia menang telak atas tuan rumah Kamboja dengan skor 100-54 di SEA Games 2023. Kemenangan itu membuat tim asuhan Chin-Wen Lin itu duduk sangat nyaman di puncak klasemen SEA Games 2023.

Mereka memiliki 10 poin setelah menyapu bersih kemenangan dalam lima laga. Timnas basket putri Indonesia sebenarnya masih menyisakan satu pertandingan melawan Singapura. Laga ini akan digelar pada Minggu (14/5/2023). Namun, secara hitungan poin skuad Merah Putih sudah pasti tak bisa lagi terkejar.

“Saya bingung mau berbicara apa, karena kali pertama meraih medali emas. Hanya satu kata ‘bangga’. Kami sudah bekerja keras dalam beberapa SEA Games terakhir. Perjalananya panjang,” kata penanggub jawab Timnas basket putri Indonesia.

Pembuatan Website

Prestasi yang diraih di SEA Games 2023 menunjukkan Timnas basket putri Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada SEA Games 2019 mereka meraih medali perunggu. Kemudian pada SEA Games 2021 mereka mendapatkan medali perak.

“Sekarang dapat emas dan emasnya bukan emas biasa. Tetapi emas sempurna karena semua tim besar sudah kalah sama kami,” sambung Christopher Tanuwidjaja.

Lebih lanjut Christopher Tanuwijdaja pun menjelaskan bagaimana posisi Timnas basket putri Indonesia saat ini. Mereka unggul head to head atas Malaysia.

“Pun kalau misal kami kalah pada pertandingan terakhir melawan Singapura, artinya kami meraih lima kemenangan dan satu kali kalah. Malaysia dan Filipina sudah kalah satu kali. Dan bila sama, kita menang head to head karena kedua tim tersebut sudah kami kalahkan. Jadi sudah dipastikan kita juara,” ujar Christopher.

Incar Kemenangan

Meski sudah pasti meraih medali emas, Timnas basket putri Indonesia tetap ingin menyempurnakan prestasi dengan menyapu bersih kemenangan. Dyah Lestari dan kolega dipastikan akan tetap mengincar kemenangan pada laga terakhir melawan Singapura.

“Tinggal satu lagi melawan Singapura. Tidak meremehkan, tapi harusnya kita bisa ambil kemenangan besok.Tidak pernah dalam sejarah tim basket putri Indonesia mendapat emas dengan kondisi emas sempurna. Jadi benar benar bangga sekali,” ujar Christopher Tanuwidajaja.

Chief de Mission Indonesia untuk SEA Games 2023, Lexyndo Hakim, turut berbangga dengan pencapaian Timnas basket putri Indonesia. Ia merasa pencapaian itu merupakan perpaduan dari beberapa hal.

“Basket putri Indonesia berhasil memastikan emas dan akan tercatat sebagai sejarah pertama kali di ajang SEA Games. Ini adalah hasil perpaduan olahraga, olahjiwa, dan olahrasa yang apik,” ucap Lexy.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA