Peningkatan Pengajuan Izin Tinggal di Finlandia

waktu baca 2 menit
Minggu, 3 Sep 2023 17:27 0 185 Neli Krismawati

SIAPBELAJAR.COM – Dalam sebuah pernyataan Layanan Imigrasi Finlandia (Migri) mengungkapkan bahwa Finlandia telah mencatat peningkatan yang signifikan dalam jumlah pelajar internasional yang mengajukan izin tinggal.

Menurut Migri, pada akhir Juli 2023, terdapat hampir 8.800 pendaftar non-Uni Eropa yang mengajukan permohonan izin tinggal pertama untuk tujuan studi, yang berarti bahwa izin tersebut diberikan setelah para mahasiswa mendapatkan tempat di universitas Finlandia dan berencana untuk pindah ke Finlandia.

Jumlah tersebut meningkat hampir 48% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022 ketika jumlah permohonan izin tinggal pertama mahasiswa mencapai 5.911 pendaftar. Antara bulan Januari dan Juli, total 7.039 mahasiswa internasional memperoleh izin tinggal pertama mereka.

Selama tujuh bulan pertama tahun ini, jumlah pendaftaran terbanyak diajukan oleh mahasiswa dari Bangladesh, China, Sri Lanka, India dan Rusia. “Dari mereka yang mengajukan izin tinggal untuk studi pada Januari-Juli 2023, sebagian besar adalah mahasiswa sarjana. Mereka menyumbang 86% dari seluruh pendaftar. Jumlah permohonan terbanyak saat ini berasal dari Bangladesh, China, Sri Lanka, India dan Rusia,” ungkap Layanan Imigrasi Finlandia.

Pembuatan Website

Waktu Pemrosesan Izin Tinggal

Pada tahun ini, rata-rata waktu pemrosesan untuk mendapatkan izin tinggal adalah 41 hari dan hampir 60% mahasiswa melaporkan menerima keputusan izin tinggal mereka dalam waktu 30 hari atau kurang. Migri melaporkan bahwa pada akhir bulan lalu, mereka berhasil memproses lebih banyak permohonan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kami menambahkan sumber daya untuk bersiap menghadapi musim panas, seperti setiap tahunnya. Karena jumlah permohonan yang meningkat cukup besar, kami juga menambah personel yang memproses permohonan yang diajukan mahasiswa selama sisa tahun ini,” kata Kepala Bagian Unit Perizinan dan Kewarganegaraan, Anu Tarén.

Instansi tersebut mengatakan bahwa biasanya, permohonan ditolak karena kesulitan pendaftar dalam menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan finansial yang memadai selama berada di Finlandia. Untuk menerima izin tinggal di Finlandia, mahasiswa internasional harus menunjukkan bukti sumber keuangan selama masa studi mereka di negara tersebut dan memiliki asuransi kesehatan untuk menanggung biaya perawatan medis.

Peningkatan Jumlah Mahasiswa Internasional di Finlandia

Jumlah mahasiswa internasional di Finlandia mengalami peningkatan pada tahun ini. Menurut data yang dirilis pada awal tahun ini oleh Migri, mencatat bahwa izin tinggal dan perpanjangan hak kerja bagi mahasiswa selama berada di Finlandia mungkin berkontribusi terhadap peningkatan tersebut. Jumlah mahasiswa yang mengajukan izin tinggal di Finlandia juga meningkat sebesar 54% dari tahun 2021 hingga 2022. Pada tahun lalu, lebih dari 4.000 mahasiswa mengajukan izin tinggal untuk belajar di Finlandia.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA