Kenalkan Keragaman Sejak Dini,TK IT Al-Amin Gelar Festival Budaya Nusantara

waktu baca 2 menit
Sabtu, 25 Nov 2023 06:36 0 853 Udan Muhdiana

SIAPBELAJAR.COM — Pengenalan budaya pada anak sejak dini dinilai dapat mengajarkan anak mengenai makna keberagaman. Hal tersebut disampaikan Ust Dede Ridwan Sidik Ketua Yayasan TK IT AL-Amin saat kegiatan pagelaran Festival Budaya Nusantara yang dilaksanakan di halaman TK IT Al-Amin Jalan Saguling Panjang, Kelurahan Cilamajang, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Rabu 21 November 2023

Pengenalan budaya pada anak sejak dini akan membuat anak lebih menerima setiap perbedaan yang dimiliki. Selain itu lebih memudahkan komunikasi antar murid yang berasal dari latar belakang berbeda.

Dalam pekan budaya yang bertema “Gemilang Gen Alfa: Cinta Ragam Budaya Menuju Indonesia Bergelora” itu, di gelar sejumlah pertunjukan budaya dintaranya market day’s, pameran seni budaya, pentas seni, kaulinan barudak sunda dan pojok baca.

“Acara ini diisi dengan pameran hasil anak-anak selama satu semester diantaranya ada pameran lukisan, gambar, dan lain-lain. Isi dari kegiatan ini adalah kreasi seni anak-anak yang menampilkan berbagai macam budaya yang ada di Indonesia” ujarnya.

Pembuatan Website

Markret day’s merupakan kegiatan kolaborasi wirausaha antara anak dengan orangtuanya dalam memperkenalkan prodak mereka kepada warga sekolah. Selain itu para siswa TK IT AL-Amin juga mengenalkan mata uang rupiah sebagai alat tukar dalam sebuah perdagangan.

“Acara ini melibatkan orangtua, sehingga para orangtua sangat berperan aktif dimana mereka membuat sebuah kelompok dan diberi nama-nama sebuah daerah yang ada di negara kita” ungkapnya.

Disampaikan Dede, anak yang dikenalkan dengan kebudayaan lebih berpikiran terbuka dan maju hingga mendorong ketertarikan dan partisipasi siswa dalam budaya yang sangat kaya tersebut.

“Penting untuk memperkenalkan keragaman budaya Indonesia sebagai negara tuan rumah sejak usia dini kepada para siswa kami, yang memiliki beragam bakat dan latar belakang” ujarnya.

Sekolahnya, diungkapkan Dede, menempatkan budaya sebagai salah satu elemen penting dan pondasi dalam membentuk karakter anak didik untuk mempersiapkan mereka dalam memberikan kontribusi terbaik secara global sebagai bagian dari warga negara dunia.

“Pada Festival Budaya Nusantara ini, mereka akan mempelajari berbagai bahasa, tarian, busana daerah, cerita rakyat, makanan, permainan hingga ke alat transportasi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menerapkan saling menghargai,saing menghomati dan menyayangi satu sama lain” harapanya.

Mengenalkan budaya Nusantara kepada para siswa dan memasukkan kebudayaan ini sangatlah penting, ungkap Dede, agar kelak setelah mereka besar selalu teringat budaya di Indonesia itu seperti apa.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA