Jelang Ajaran Baru 2023/2024 SMAN 1 Singaparna Gelar Pra MPLS

waktu baca 3 menit
Jumat, 14 Jul 2023 19:43 0 272 Udan Muhdiana

SIAPBELAJAR.COM – Menjelang dimulainya Tahun Ajaran baru, SMAN 1 Singaparna yang berlokasi di Jalan Perikanan Darat Kelurahan Cipakat Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat mengadakan kegiatan Pra MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Kegiatan rutin yang biasa digelar di setiap tahunnya itu bertujuan untuk memperkenalkan calon siswa baru dengan lingkungan sekolah, guru, serta kegiatan-kegiatan yang akan mereka ikuti nanti.

Di tahun ajaran 2023/2024 Pra MPLS SMAN 1 Singaparna dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Juli 2023, diikuti oleh 300 calon siswa baru yang diterima di sekolah tersebut.

Pada kegiatan itu, dikatakan ketua OSIS SMAN 1 Singaparna Ganjar Pradika, calon siswa baru diberikan kesempatan untuk berkenalan dengan guru-guru dan staf sekolah, serta mengunjungi berbagai fasilitas yang tersedia di SMAN 1 Singaparna, mereka juga diajak untuk mengikuti sesi orientasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang sekolah.

“Nanti di hari pertama sekolah, mereka akan mengikuti upacara pembukaan masa pengenalan sekolah yang akan dilaksanakan selama 3 hari” ujarnya.

Pembuatan Website

Selama tiga hari pada kegiatan nanti, di hari pertama para siswa baru akan melaksanakan opening ceremony serta sambutan dari kepala sekolah. Pada hari kedua, lanjut Ganjar Pradika, agenda kultur yaitu kegiatan utama dimana para peserta MPLS akan diperkenalkan sarana prasarana SMAN 1 Singaparna dengan bimbingan anggota Osis seperti menunjukan letak ruang kelas, ruang ekstrakurikuler, ruang guru, kepala sekolah, kantin, toilet dan masjid. Dan di hari ke tiga
diisi dengan demonstrasi ekstrakurikuler.

“Ada 17 ekstrakurikuler akademik dan non akademik yang bisa mereka pilih dan akan dipertunjukan nanti. MPLS kali ini mudah-mudahan menjadi titik awal mereka memahami kedisiplinan di sekolah ini hingga selanjutnya mereka akan menjadi penerus kita selanjutnya” ungkap Ganjar Pradika.

Bukan Sekedar Memperkenalkan Kampus Barunya

Di tempat yang sama Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Singaparna Asep Yadi S.Pd.M.,M memaparkan, kegiatan Pra MPLS diisi dengan berbagai gambaran selama berlangsungnya kegiatan MPLS seperti peraturan, keharusan barang yang akan dibawa dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama MPLS sebagai salah satu hal wajib yang harus dilaksanakan oleh peserta

Disampaikan Asep, tujuan MPLS SMAN 1 Singaparna yaitu untuk memberikan pembekalan kepada calon siswa baru agar bisa lebih cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus khususnya kegiatan pembelajaran maupun kesiswaan, mengenal serta memahami lingkungan sekolah sebagai salah satu lingkungan akademis dan memahami mekanisme yang sudah berlaku di dalamnya, memperkenalkan dan juga menambah wawasan terhadap siswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang telah tersedia di sekolah secara maksimal, mengembangkan kemampuan baik itu intelektual, emosional dan spiritual siswa baru, memupuk rasa solidaritas dan toleransi di antara sivitas akademika, menjalin keakraban, saling menghormati dan menghargai kepentingan sesama siswa, menumbuhkembangkan rasa memiliki serta tanggung jawab terhadap pilihan dan disiplin ilmu serta memantapkan sikap juga mental siswa baru.

“Siswa yang mengukuti MPLS tahun ini berjumah 12 rombel” tutupnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA