Es Selimuti Gunung Gede Pangrango

waktu baca 2 menit
Sabtu, 5 Agu 2023 22:23 0 261 Lusi Yulia Irfani

SIAPBELAJAR.COM – Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) mengumumkan penutupan sementara aktivitas pendakian ke Gunung Gede Pangrango yang berada di antara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat,

Kepala BBTN Gunung Gede Pangrango, Sapto Aji Prabowo melalui surat edaran yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan alasan penutupan pendakian akibat kondisi cuaca buruk di gunung tersebut.

“Kegiatan pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditutup sementara untuk umum mulai tanggal 13 sampai 18 Agustus 2023,” ujarnya.

SOP Pendaki

Pembuatan Website

Hal tersebut menyebabkan timbul nya embun serta air yang membeku dan banyaknya kristal es tipis dijalur pendakian.

Para pendaki di minta membawa peralatan yang benar sesuai dengan SOP yang ada dikarenakan dapat membuat pendaki rentan terhadap serangan Hipotermia.

“Fenomena es di puncak Gunung Gede Pangrango sedang terjadi seperti yang viral di media sosial tampak tanaman, tenda, hingga jaket pendaki diselimuti es tipis seperti salju, sehingga kami minta pendaki untuk membawa peralatan mendaki lengkap,” ucap Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji.

Ia menyarankan agar pendaki menggunakan pakaian yang tebal dikarenakan cuaca yang cukup dingin mencegah dari hipotermia.

“Untuk menjaga tidak terserang hipotermia, pendaki juga diminta menggunakan jaket tebal dan membawa perbekalan makan yang cukup selama berada di puncak gunung. Tentunya yang kami ingatkan pendaki harus dalam kondisi sehat saat melakukan pendakian,” tambahnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA