Arus Mahasiswa Internasional di Belanda Harus Dikendalikan

waktu baca 2 menit
Sabtu, 29 Apr 2023 07:12 0 197 Siap Belajar

SIAPBELAJAR.COM – Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Robbert Dijkgraaf mengatakan bahwa masuknya mahasiswa internasional di Belanda harus dikendalikan untuk mencegah ruang kelas yang penuh, beban kerja dosen yang tinggi, kurangnya tempat tinggal dan tekanan pada aksesibilitas pendidikan.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Jumat sore, 21 April 2023, Menteri mengatakan bahwa dia ingin mengambil tindakan untuk mengelola pendaftaran mahasiswa internasional dengan lebih baik di Perguruan Tinggi dan Universitas Belanda untuk menjaga kualitas pendidikan di institusi.

“Dengan pendekatan jangka panjang dan terarah, saya ingin mencegah kualitas Perguruan Tinggi dan Universitas kita berada di bawah tekanan sedemikian rupa sehingga melemahkan posisi teratas internasional kita. Saya ingin mendukung posisi itu. Selain akselerator, kami juga butuh rem dan yang terpenting setir,” kata Dijkgraaf.

Tanggung Jawab Institusi Pendidikan Tinggi

Pembuatan Website

Sambil menyatakan niatnya untuk menyelesaikan masalah tersebut, Dijkgraaf mengatakan ingin memperkenalkan manajemen pusat internasionalisasi Universitas dan Perguruan Tinggi.

Namun, Menteri mengatakan bahwa tanggung jawab untuk mengakomodasi mahasiswa terletak pada Institusi Pendidikan Tinggi di dalam negeri. Dia menambahkan bahwa jika Perguruan Tinggi dan Universitas gagal memenuhi tanggung jawab ini, dia akan turun tangan untuk mengelola pendaftaran mahasiswa internasional sendiri.

Motivasi untuk Belajar Bahasa Belanda

Di antara anjuran pemerintah agar lembaga pendidikan mengontrol jumlah mahasiswa internasional adalah dengan memotivasi mereka untuk belajar bahasa Belanda. Menteri juga berencana meminta Universitas dan Perguruan Tinggi untuk memperkuat dan mempromosikan bahasa Belanda di antara semua mahasiswa, termasuk mahasiswa internasional.

“Penguasaan bahasa Belanda yang lebih baik meningkatkan peluang di pasar tenaga kerja. Selain itu, ada peluang lebih besar bagi mahasiswa dari luar negeri untuk ingin dan dapat tinggal di Belanda setelah menyelesaikan studi mereka,” bunyi pernyataan Kementerian Pendidikan.

Mempertimbangkan urgensinya, Dijkgraaf sedang mengerjakan undang-undang baru yang akan mewajibkan masuknya bahasa Belanda dalam studi bahasa asing. Undang-undang tersebut tidak akan berlaku efektif hingga paling cepat September 2024.

Peningkatan Jumlah Mahasiswa Internasional di Belanda

Jumlah mahasiswa internasional di Belanda telah meningkat secara signifikan selama beberapa tahun terakhir. Menurut data resmi, negara ini menjadi rumah bagi 115.000 mahasiswa dari luar negeri pada tahun ajaran lalu, yaitu 3,5 kali lipat dari tahun ajaran 2005/2006.

Sebanyak 40% dari mahasiswa baru universitas merupakan mahasiswa internasional tahun lalu, meningkat sebesar 28% dibandingkan tahun 2015.

Siap Belajar

Media Literasi Nasional

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA