4 Manfaat Me Time untuk Kesehatan Mental

waktu baca 2 menit
Selasa, 17 Okt 2023 16:48 0 236 Neli Krismawati

SIAPBELAJAR.COM – Menyiapkan waktu untuk diri sendiri atau yang biasa disebut dengan ‘me time’ ternyata sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Di tengah hiruk-pikuk pekerjaan (baik pekerjaan kantor atau rumah), kalian perlu mengendalikan kesehatan dan kebahagiaan diri sendiri. Dengan melakukan me time dipercaya mampu menurunkan stres, meningkatkan produktivitas dan mengembalikan lebih banyak energi.

Meskipun manusia merupakan makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan orang lain, namun ada kalanya seseorang membutuh waktu untuk sendiri. Sahabat siapbelajar, me time akan membawa kalian pada kesabaran yang lebih besar dan sikap yang lebih positif terhadap hubungan kalian dengan orangtua, pasangan, anak bahkan lingkungan tempat kerja.

Berikut ini merupakan 4 manfaat me time untuk kesehatan mental yang perlu diketahui:

  1. Memungkinkan Kalian untuk Me-reboot Otak dan Bersantai

Terus-menerus aktif tidak memberikan otak kesempatan untuk beristirahat dan mengisi kembali dayanya sendiri. Menjadi seorang diri tanpa gangguan tanggung jawab pekerjaan dapat memberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran, fokus dan berpikir lebih jernih. Hal ini merupakan kesempatan untuk merevitalisasi pikiran dan tubuh secara bersamaan.

Pembuatan Website

  1. Membantu Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Sahabat siapbelajar, saat kalian menghilangkan atau mengesampingkan sejenak gangguan dari hari yang kalian jalani, kalian dapat lebih bisa berkonsentrasi. Dengan kembalinya konsentrasi maka akan dapat membantu kalian untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

  1. Memberikan Kesempatan untuk Memahami Diri Sendiri

Saat terlibat dalam suatu kelompok, sudut pandang kalian akan dengan sendirinya mengikuti sudut pandang orang-orang di dalamnya. Tanpa disadari, hal itulah yang kalian alami setiap hari ketika berinteraksi bersama teman, rekan kerja atau orang lain.

Dengan melakukan me time, kalian dapat merenungkan banyak hal yang selama ini tidak terpikirkan. Kalian pun dapat mempertimbangkan lebih dalam mengenai berbagai keputusan yang akan kalian ambil di masa depan.

  1. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Orang Lain

Dengan menghabiskan waktu bersama diri sendiri dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri, apa yang kalian inginkan dalam hidup, kalian akan lebih mungkin untuk membuat pilihan yang lebih baik mengenai apa yang kalian inginkan. Kalian juga bisa lebih menghargai hubungan setelah menghabiskan waktu sendirian.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA