Melambatnya Pertumbuhan Jumlah Mahasiswa Internasional di Universitas Belanda

waktu baca 2 menit
Sabtu, 13 Mei 2023 15:29 0 492 Neli Krismawati

SIAPBELAJAR.COM – Institusi Pendidikan Tinggi di Belanda telah mencatat pertumbuhan mahasiswa internasional yang lebih lambat pada tahun akademik 2022/2023. Menurut data dari Nuffic, sebuah organisasi untuk internasionalisasi di bidang pendidikan menyatakan bahwa meski jumlahnya masih naik 7%, namun kenaikannya lebih kecil dibandingkan 10 atau 12% pada tahun-tahun sebelumnya.

Secara total, terdapat 122.287 mahasiswa internasional dari 167 negara di Universitas dan Perguruan Tinggi Belanda pada tahun akademik ini, terhitung 15% dari semua mahasiswa bergelar. Jumlah tersebut 8.032 lebih banyak mahasiswa gelar internasional daripada tahun akademik 2021/2022.

“Pada tahun akademik 2022-2023, 15% dari semua mahasiswa di pendidikan tinggi Belanda adalah internasional, naik dari 13,7% pada tahun akademik 2021-2022. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya jumlah mahasiswa Belanda yang menempuh pendidikan tinggi di Belanda tahun ini yang mengalami penurunan sebesar 3,2% dibandingkan tahun lalu,” kata laporan Nuffic.

Dari semua mahasiswa internasional, sebagian besar kuliah di universitas riset, sementara 36.682 mahasiswa telah mendaftar di universitas ilmu terapan. Hampir 43% mahasiswa internasional mengikuti program sarjana di universitas riset (Research University), dan lebih dari satu dari empat mahasiswa internasional terdaftar di program magister di universitas riset.

Pembuatan Website

Negara Asal Mahasiswa Internasional di Belanda

Mayoritas mahasiswa internasional di Belanda pada tahun 2022/2023 berasal dari negara-negara di dalam Wilayah Ekonomi Eropa atau European Economic Area (EEA). Mereka mewakili 72,3% dari semua mahasiswa internasional. Menurut data, jumlah tersebut sama dengan tahun lalu yang mencapai 72,6%.

“Tahun ini, terdapat 33.816 mahasiswa bergelar internasional dari luar EEA, terhitung 27,7% dari populasi mahasiswa bergelar internasional di Belanda,” catatan laporan tersebut.

Laporan tersebut juga menjelaskan bahwa mahasiswa dari luar EEA mewakili 27,7% dari seluruh mahasiswa di negara tersebut atau terhitung sebanyak 33.816 mahasiswa.

Penurunan Jumlah Mahasiswa Domestik

Di sisi lain, jumlah mahasiswa domestik di universitas Belanda menurun sejak tahun 2021/22. Tahun ini, sebanyak 215.180 mahasiswa baru mulai kuliah, turun sebesar 6,3% dari tahun sebelumnya. Laporan tersebut menyatakan bahwa salah satu kemungkinan alasan di balik penurunan ini adalah penundaan studi karena mengharapkan kembalinya hibah siswa dasar atau basic student grant.

Pihak berwenang di Belanda mengatakan bahwa mereka akan mengambil langkah-langkah untuk mengontrol jumlah mahasiswa internasional di universitas negara tersebut untuk mencegah ruang kelas yang penuh dan beban kerja yang berlebihan bagi dosen.

Pada awal bulan ini, juru bicara Kementerian Pendidikan Belanda mengatakan bahwa Menteri Robbert Dijkgraaf sedang mengambil langkah-langkah untuk mengelola penerimaan mahasiswa internasional di Belanda, namun, dia tidak memiliki gambaran spesifik mengenai jumlah mahasiswa yang akan diizinkan untuk belajar di negara tersebut di masa mendatang.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA