Kenalkan Cerita Rakyat pada Siswa, SMAN 1 Singaparna Gelar Ujian Praktik Seni Budaya

waktu baca 3 menit
Rabu, 13 Des 2023 14:46 0 875 Udan Muhdiana

SIAPBELAJAR.COM –Ujian Praktik merupakan salah satu syarat kelulusan bagi siswa kelas XII, oleh karena itu mereka berusaha melakukan yang terbaik disetiap mata pelajarannya, salah satunya di bidang Seni Budaya.

Ujian Praktik Seni Budaya kali ini dilaksanakan di Gedung Teater SMA Negeri 1 Singaparna, Jalan Pahlawan K.H.Z Mustofa, Kabupaten Tasikmalaya selama dua hari, mulai dari tanggal 11 hingga 12 Desember 2023.

Siswa dibimbing untuk mengembangkan kreativitas yang kemudian akan digabungkan menjadi sebuah tarian. Adapun tema dari Ujian Praktik Seni Budaya tahun ini adalah dongeng, cerita rakyat yang dibalut dengan tarian Nusantara diiringi oleh musik saat pementasannya.

“Teater merupakan salah satu bentuk kesenian yang memiliki fungsi sebagai alat pendidikan, karena di dalam berteater mempunyai sifat yang terselubung, yaitu permainan, pemeranan, seni rupa, seni musik, maupun seni tari dan kesibukan lainnya yang menyebabkan pelajaran seni teater tidak kaku dan membosankan serta tidak sulit untuk mendapatkan cara yang lugas, tetapi menarik bagi siswa.” ujar Guru Seni Budaya SMAN 1 Singaparna, Dr. Agus Ahmad Wakih, M.Sn. saat ditemui di tengah acara.

Pembuatan Website

Agus menuturkan, sebagai implementasi belajar dari kelas X samapai XII IPA dan IPS, pertunjukan akhir yang harus dipertanggung jawabkan oleh mereka dari semester 1 sampai 5 sesuai tema yang sudah diberikan oleh gurunya dengan menampilkan kearifan lokal, legenda Jawa Barat, Nusantara dan Sejarah.

“Jadi selama mereka belajar di sekolah ini dari semester 1 Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa sampai terakhir Seni Teater harus dipertunjukkan kepada para gurunya. Selain itu, tahun ini mengambil tema “Pendidikan Karakter Berbasis Budaya” supaya mereka tidak saling menyakiti, membuli, memfitnah, tapi dengan naskah ini mereka bisa bergotong royong, bekerjasama seperti karakter Sunda yaitu Cageur, Bageur, Bener, Pinter, Singer, tur Panger, ” tambahnya.

“Ujian Praktik ini adalah pengganti dari penilaian akhir smester yang dilakukan oleh mata pelajaran Seni Budaya. Di samping itu, sebagai pimpinan sekolah, kami mendukung penuh kreatifitas pertunjukan siswa yang ada kaitannya dengan kearifan lokal dan kepahlawanan. Kegiatan ini sesuai dengan misi sekolah yaitu mewujudkan sekolah yang berbasis karakter, diantaranya karakter religius, kebangsaan, budaya, disiplin, bertanggung jawab dan mempunyai pemikiran yang berwawasan global,” papar Kepala sekolah SMAN 1 Singaparna, H. Dede Iryanto, S.Pd., M.Pd. usai acara.

Ujian Praktik Seni Budaya adalah kegiatan yang selalu ditunggu para siswa di setiap tahunnya, ada 12 grup yang akan tampil dipanggung teater, masing-masing kelas menyiapkan personil serta properti yang diperlukan.

“Ada 12 kelas yang akan tampil di panggung teater ini, salah satunya grup kelas IPS 1 dengan judul Kampung Jawara, MIPA 2 Legenda Candi Prambanana dan ketiga berjudul Hayam. Ujian Praktik Seni Budaya selalu kami tunggu, karena pagelaran seperti ini sangat menyita perhatian warga sekolah sehingga kami sebagai panitia semangat untuk menyiapkan dan bergotong royong terhadap apa yang diperlukan oleh para pemain teater dan lainnya.” ungkap Teza.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA