Gebyar Muharram 1445 H, Kemenag Gelar Santunan Yatim, Salawat, hingga Pameran Seni

waktu baca 3 menit
Kamis, 20 Jul 2023 06:02 0 187 Ojhon Sundanesse

SIAPBELAJAR.COM – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Gebyar Muharram bertajuk Spirit 1445 Hijriah: Merawat Kerukunan, Perkokoh Semangat Kebangsaan. Gelaran tersebut akan berlangsung di Auditorium H.M. Rasjidi, Kemenag, Jalan M.H. Thamrin, Selasa hingga Kamis (25-27 Juli 2023).

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Ahmad Zayadi menyampaikan ada berbagai kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445H. Zayadi menyebut, Kemenag akan mengadakan santunan anak yatim, pentas seni dan budaya Islam, dan launching Kampung Moderasi Beragama (KMB). Ada juga Dialog Ormas Kepemudaan Islam hingga pameran seni kaligrafi.

“Selain itu, dalam Gebyar Muharam nanti ada refleksi dan hikmah tahun baru yang akan disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kegiatan ini juga akan diisi dengan salawat oleh Juara 1 Festival Salawat 2023 dan dimeriahkan penampilan seni tradisi Islam,” kata Zayadi, Selasa (18/7/2023).

“Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mengisi tahun baru hijriah dengan hal-hal positif. Mari kita jadikan momen tahun baru hijriah sebagai momen meningkatkan kesadaran sosial di kalangan umat beragama di Indonesia. Kita harus terus memperkuat semangat kebangsaan dan menciptakan lingkungan yang harmonis dalam konteks Indonesia yang beragam suku, budaya, bahasa, dan agama,” imbuhnya.

Pembuatan Website

Subdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Alhadist akan menghadirkan qari internasional untuk melantunkan Haflatul Qur’an yang dipimpin Dewan Hakim Internasional, Said Agil Husin Al-Munawar.

Selain itu, Subdit Kemitraan Umat Islam akan menggelar sesi Dialog Ormas Kepemudaan Islam bersama Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Dalam sesi ini, juga akan dihadirkan narasumber Husein Bin Ja’far Al Hadar, Nuruzzaman, dan Islah Bahrawi.

Selanjutnya, bersama Wakil Menteri Agama juga akan dihelat Launching Kampung Moderasi Beragama (KMB) secara serentak di seluruh Indonesia. Akan ada sekitar 1.000 Kampung Moderasi Beragama di seluruh Indonesia.

Kemudian Subdit Seni, Budaya, dan Siaran Keagamaan Islam akan memeriahkan acara dengan kesenian Ki Ageng Ganjur yang dibawakan oleh Ngatawi Al-Zastrow. Selain itu, akan ada orasi moderasi beragama yang dibawakan Alissa Wahid. Ikut memeriahkan acara, penampilan Palang Pintu, Juara Selawat dari Banten, serta Bengkel Kaligrafi.

“Secara teknis, yang mengonsolidasi dan mengoordinasi kegiatan ini adalah Subdirektorat Dakwah dan Hari Besar Islam. Mudah-mudahan acara ini berjalan lancar,” ujar Kasubdit Dakwah dan Hari Besar Islam, Lubenah.

Dharma Wanita Persatuan Ditjen Bimas Islam Kemenag bekerja sama dengan BAZNAS juga akan mengundang 250 anak yatim untuk merayakan tahun baru hijriah ini dengan tema senyum yatim, senyum Indonesia. Pada acara ini akan ada prosesi penyerahan santunan dan pemberian bingkisan alat sekolah dan sejumlah suvenir lainnya.

Gebyar Muharam 1445 H dihelat secara luring dan daring melalui kanal YouTube Bimas Islam TV.

Ojhon Sundanesse

Moal Kumeok Memeh Dipacok

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA