Aktualisasi Perangkat Pembelajaran di Era Digital

waktu baca 2 menit
Senin, 3 Jul 2023 10:30 2 916 Udan Muhdiana

SIAPBELAJAR.COM – Perangkat pembelajaran merupakan perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang diinginkan.

Perangkat pembelajaran tentunya harus dikonstruksi dan diadaptasi sesuai kebutuhan peserta didik agar materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik serta proses pembelajaran siswa bisa terfasilitasi dengan epektif dan menarik.

Perangkat pembelajaran bisa meliputi berbagai jenis bahan, media, alat dan sumber daya yang digunakan dalam konteks pembelajaran.

Di era digital sekarang ini proses percepatan belajar dalam konteks pemanfaatan perangkat pembelajaran tidak terbatas pada pemanfaatan perangkat pembelajaran fisik yang biasa seperti buku teks, panduan belajar, modul pembelajaran, lembar kerja dan buku aktivitas. Pemanfaatan Media pembelajaran seperti video pembelajaran, animasi gambar, presentasi slide dan simulasi computer dapat meningkatkan pemahaman dan penguatan visual materi yang disampaikan.

Pembuatan Website

Percepatan era digitalisai ini terutama dalam dunia pendidikan telah berdampak pada perkembangan perangkat lunak pembelajaran yang inovatip dan interaktif meliputi perangkat lunak pembelajaran komputer, aplikasi seluler, platform pembelajaran on line dan sumber daya digital.

Perangkat ini bisa memungkinkan mengakses ke materi pembelajaran yang interaktif, simulasi, permainan edukatif, latihan mandiri dan sumber beajar digital lainnya. Hal ini dapat mendorong dan meningkatkan pengalaman belajar siswa, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik, memperkuat keterampilan dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Perangkat lunak pembelajaran ini dapat membantu menghadirkan informasi yang menarik dan mudah dipahami, memfasilitasi interaksi dan diskusi antara guru dan siswa serta mendorong pemecahan masalah, kreativitas dan keterampilan berpikir kritis.

Penting bagi guru untuk memilih dan menggunkan perangkat pembelajaran yang relevan, menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Oleh karena itu pemilihan dan penggunakan perangkat pembelajaran yang baik memegang peranan yang sangat peting dalam pembelajaran terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan pemanfaatan perangkat pembelajaran yang terintegrasi dengan digitalisasi dapat meningkatkan akselerasi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran bahkan dimungkinkan tidak terbatas adalam ruang dan waktu.

Hal ini akan berdampak terhadap adanya peningkatan aksesbilitas, interaktivitas, pengayaan pembelajaran, kolaborasi komunikasi, personalisasi dan sudents experience. Walaupun demikian, perangkat pembelajaran hanyalah sebatas alat bantu yang paling penting adalah peran guru dalam meramu dan memanfaatkan perangkat pembelajaran. Dengan kata lain peranan guru tidak akan tergantikan dalam proses pembelajaran.

Penulis: Yayat Hidayat, M.Pd
(SMAN 5 Tasikmalaya)

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Ayi Pujiyani
    9 bulan  lalu

    Nah memilih metode, sumber, bahan, model, dan pendekatan pembelajaran inilah yang harus diasah agar ke depannya selalu tepat.

    Selamat Pak Yayat terus curahkan ide untuk mencerdaskan dan mendaulatkan bangsa

    Balas
    Ayi Pujiyani
    9 bulan  lalu

    Nah kemampuan memilih perangkat dan segala hal terkait pembelajaran inilah yang harus diasah hingga pilihan ya menjadi selalu tepat.

    Srlamat Pak Yayat, terus curahkan idenya

    Balas
LAINNYA