5 Makanan Favorit di Tasikmalaya dan Sejarahnya

waktu baca 2 menit
Rabu, 19 Jun 2024 15:58 0 71 Asop Ahmad

SIAPBELAJAR.COM – Tasikmalaya tidak hanya dikenal dengan keindahan alam dan keramahan warganya, tetapi juga dengan kekayaan kulinernya. Berikut adalah lima makanan favorit di Tasikmalaya beserta sejarahnya yang menggugah selera.

1. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom adalah makanan khas Tasikmalaya yang sangat populer. Nasi ini dicampur dengan oncom yang sudah dibakar dan dihaluskan, lalu dicampur dengan berbagai bumbu.

Sejarahnya bermula dari kebiasaan masyarakat Sunda yang menggunakan oncom sebagai bahan makanan alternatif. Pada masa penjajahan, oncom menjadi makanan pokok karena harganya yang murah dan mudah didapat. Kini, Nasi Tutug Oncom menjadi simbol kuliner yang mewakili keaslian cita rasa Sunda.

Pembuatan Website

2. Mie Baso Laksana

Mie Baso Laksana merupakan salah satu kuliner legendaris di Tasikmalaya. Berdiri sejak tahun 1970-an, tempat ini sudah menjadi favorit bagi pecinta bakso.

Sejarah Mie Baso Laksana dimulai dari usaha kecil yang didirikan oleh pasangan suami istri yang ingin menawarkan bakso dengan cita rasa unik. Dengan racikan daging sapi pilihan dan bumbu khas, Mie Baso Laksana berhasil menarik banyak pelanggan hingga saat ini.

3. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu Mangunreja adalah hidangan tradisional yang terdiri dari ketupat, tahu goreng, tauge, dan siraman bumbu kacang yang khas.

Sejarah Kupat Tahu ini berawal dari daerah Mangunreja, Tasikmalaya, di mana makanan ini pertama kali dijual oleh pedagang kaki lima.

Seiring berjalannya waktu, kelezatan Kupat Tahu Mangunreja menyebar luas dan kini menjadi salah satu makanan favorit warga Tasikmalaya dan wisatawan.

4. Soto Tasik

Soto Tasik adalah varian soto khas Tasikmalaya yang memiliki rasa gurih dan segar. Soto ini biasanya menggunakan daging sapi atau ayam, dengan kuah bening yang kaya rempah. Sejarah Soto Tasik tidak terlepas dari pengaruh kuliner Jawa dan Sunda yang bercampur di Tasikmalaya.

Dari masa ke masa, resep Soto Tasik terus disempurnakan oleh para penjaja makanan, sehingga menjadi salah satu kuliner ikonik di kota ini.

5. Es Goyobod

Es Goyobod adalah minuman tradisional yang menyegarkan, terdiri dari campuran kelapa muda, alpukat, pacar cina, dan jeli yang disiram dengan sirup gula merah dan santan.

Sejarah Es Goyobod bermula dari daerah Garut dan kemudian menyebar ke Tasikmalaya. Kata “goyobod” sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘basah kuyup’, menggambarkan kesegaran minuman ini. Es Goyobod kini menjadi pilihan favorit bagi warga Tasikmalaya, terutama saat cuaca panas.

Kelima makanan ini tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan sejarah dan budaya yang memperkaya khazanah kuliner Tasikmalaya. Dengan menikmati kuliner khas ini, kita juga turut melestarikan tradisi dan warisan kuliner yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. ***

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Pembuatan Website
LAINNYA