Tawaran Bonus Gaji bagi Lulusan yang Tetap Tinggal di Portugal

waktu baca 3 menit
Rabu, 3 Jan 2024 15:11 0 271 Neli Krismawati

SIAPBELAJAR.COM – Pemerintah Portugal telah mengumumkan bahwa mulai sekarang, mahasiswa yang memperoleh gelar sarjana atau magister dari Institusi Pendidikan Tinggi di Portugal (Negeri atau Swasta) dan yang tetap bekerja di negara tersebut akan menerima bonus gaji.

Keputusan mengenai program inovatif ini, pertama kali diperkenalkan oleh Perdana Menteri António Costa pada bulan September, yang secara resmi diumumkan pada tanggal 28 Desember 2023, di halaman Diário da República, surat kabar resmi Portugal.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan pemerintah pada 28 Desember 2023, berdasarkan peraturan baru, hanya pemegang gelar sarjana atau magister yang merupakan penduduk Portugal yang berhak mendapatkan bonus.

Besaran Bonus Gaji Tahunan

Pembuatan Website

Lulusan yang memenuhi kriteria dapat mengharapkan bonus gaji tahunan sebesar €697 atau setara Rp11,8 juta untuk setiap tahun studi sarjana mereka dan sebesar €1,500 atau setara Rp25,4 juta setiap tahun untuk gelar master mereka. Pembayaran ini akan difasilitasi melalui transfer bank tahunan dari Otoritas Pajak, dibebaskan dari kontribusi IRS (Pajak Penghasilan) atau Jaminan Sosial.

Syarat Mendapatkan Bonus Gaji Tahunan

Bonus akan diberikan untuk jumlah tahun yang sama yang mahasiswa dedikasikan pada siklus belajarnya masing-masing. Selain itu, tidak hanya lulusan baru yang akan mendapatkan manfaat dari inisiatif ini, namun mereka yang memperoleh gelar akademik sebelum tahun 2023 juga dapat memenuhi syarat.

Namun, para mahasiswa ini berhak mendapatkan bonus hanya jika waktu yang telah berlalu sejak kelulusan tidak melebihi durasi gelar sarjana atau magister mereka.

Semua wajib pajak berusia di bawah 35 tahun yang tinggal di Portugal dan telah memperoleh gelar sarjana dan/atau master dari Universitas Portugis pada tahun 2023 dan berikutnya, akan memenuhi syarat untuk menerima bonus gaji. Begitu pula dengan mahasiswa yang memiliki ijazah dari Institusi di Luar Negeri, asalkan diakui di Portugal.

“Sesuai ijazah, premi berlaku bagi seluruh Wajib Pajak yang berdomisili di wilayah negara, sampai dengan umur 35 tahun, yang telah memperoleh gelar sarjana dan/atau magister pada Perguruan Tinggi Nasional (negeri atau swasta) pada tahun 2023 dan berikut (juga mendaftar gelar akademis yang sama yang diperoleh di luar negeri, selama diakui di Portugal),” bunyi siaran pers.

Individu harus termasuk dalam kategori A (Pekerja Mandiri) atau B (Wiraswasta) agar memenuhi syarat. Status pajak dan iuran mereka juga harus diatur oleh otoritas pajak dan jaminan sosial. Pendaftar diharuskan mengajukan permohonan bonus melalui formulir elektronik setelah menyelesaikan studinya.

Jumlah Mahasiswa Internasional di Portugal

Pada tahun lalu, sekitar 74,600 mahasiswa internasional memilih Institusi Pendidikan Tinggi Portugis, mayoritas dari Brazil sebanyak 17.028 mahasiswa, diikuti oleh Guinea-Bissau sebanyak 6.910 mahasiswa, Cape Verde sebanyak 6.449 mahasiswa, Angola sebanyak 5,292 mahasiswa dan Perancis sebanyak 3406 mahasiswa. Data ini dirilis oleh Direktorat Jenderal Statistik Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan atau Directorate-General for Education and Science Statistics (DGEEC).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA