Zebra, Jerapah, dan Pembelajaran Membaca

oleh -75 views
Ibu Rina mendampingi siswa yang presentasi di depan kelas.( prioritaspendidikan.org).
Arrief Ramdhani
Ibu Rina mendampingi siswa yang presentasi di depan kelas.( prioritaspendidikan.org).
Ibu Rina mendampingi siswa yang presentasi di depan kelas.( prioritaspendidikan.org).

RINA Purwati, guru SDN Tambun 04 Bekasi, dan Saida Safitri, guru SDN Wanasari 12 Bekasi, praktik mengajar di SDN Pasindangan 02 Kota Cirebon, dengan strategi membaca bersama menggunakan big book berjudul Kebun Binatang. Rina berkreasi membuat sejumlah kartu bergambar hewan dan sejumlah kartu kata bertuliskan nama hewan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang hewan sekaligus kemampuan memahami isi bacaan.

Setelah selesai membaca big book, Rina membagikan kartu kata kepada siswa dan menempelkan kartu bergambar hewan di papan tulis. Kemudian, ia meminta siswa untuk memasangkan kartu kata yang dipegang siswa di sisi kanan berdampingan sesuai dengan kartu bergambar hewan.

Pada sesi menjodohkan kata dengan gambar tersebut, salah satu siswa bernama Asep menempelkan kartu-kata ‘zebra’ pada gambar jerapah. Guru mendekati Asep, memuji keberaniannya, dan memintanya memeriksa kembali kecocokan kartu dan gambar. Asep tampak yakin dengan keputusannya. Teman-temannya memberi saran untuk memindahkan kartu kata ke gambar jerapah.

Rina mengajak Asep dan seluruh siswa untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fisik antara jerapah dan zebra. Satu per satu siswa menyebutkan ciri-ciri kedua hewan tersebut. “Jerapah, lehernya panjang Bu,” ujar Budi.

Asep tersenyum dan memindahkan kartukata ‘zebra’ dari gambar jerapah ke gambar zebra. Rina, Saida, dan seluruh siswa bertepuk tangan.

Praktik mengajar membaca menggunakan buku bacaan berjenjang ini merupakan salah satu sesi dari TOT tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan di Cirebon (17-20/3). Pelatihan diikuti 85 fasilitator daerah perwakilan kabupaten/kota mitra USAID PRIORITAS di Jawa Barat.( prioritaspendidikan.org)