Wujudkan Lingkungan Sekolah Nyaman

oleh -112 views
Ilustrasi (kapuas.info)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (kapuas.info)
Ilustrasi (kapuas.info)

MENCIPTAKAN sekolah yang nyaman dan menyenangkan bagi para siswa merupakan tujuan dari SMA Negeri Cikalong dalam memberikan layanan

pendidikan kepada siswa.

banner 728x90

Kepala SMA Negeri Cika­long, Dadan Sudrajat menga­takan, kebanyakan anak-anak tidak merasa nyaman berada di sekolah, itu bisa jadi karena ling­kungan sekolah yang tidak mendukung. Atau karena iklim belajar mengajar di kelas yang tidak kondusif.

“Sekolah itu mestinya sa­rana bermain bagi siswa. Hal itu seperti yang dilakukan Ki Hajar Dewantara dulu dengan menyebut taman siswa untuk sekolah. Nah kami juga ingin menciptakan kondisi itu di sekolah. Sehingga anak-anak merasa betah berlama-lama berada di sekolah,” ucapnya kemarin.
Terang dia, pihaknya saat ini berupaya melakukan penataan lingkungan sekolah agar siswa lebih nyaman berada di kawasan sekolah. Seko­lah kata dia tidak hanya sebuah tum­pukan batu bata. Te­tapi sebuah taman untuk sa­rana bermain dan belajar.

Penataan kawasan sekolah dilakukan agar lingkungan se­kolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak. Sehingga mereka betah ber­lama-lama tinggal di ling­kungan sekolah untuk menimba ilmu.
Penataan lingkungan sekolah kata dia dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada. Namun tetap proses penataan tidak membebani siapapun apalagi membebani para orang tua murid.

“Setahap demi setahap kami tata, agar kawasan sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa,” ucapnya.Penataan juga tidak hanya pada lingkungan sekolah te­tapi juga manajemen sekolah.
Salah satunya dengan memberika pengarahan dan pembinaan terhadap para guru agar dalam proses belajar mengajar terjalin komunikasi yang baik dengan siswa.

Hanya saja proses ini tidak mudah dan butuh waktu yang lama untuk bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Duku­ngan berbagai pihak juga tegas Dadan sangat dibutuhkan da­lam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di sekolah.

Saat ini minat masyarakat Cikalong untuk menyekolah­kan anaknya ke tingkat SMA sangat tinggi. Saat ini di SMA Cikalong itu terdapat 418 sis­wa untuk semua tingkatan.
“Mudah-mudahan saja setelah dilakukan penataan di ber­bagai sisi, animo masyarakat untuk menyekolahkan anak­nya ke tingkat SMA semakin tin­ggi,” katanya. (kabar-priangan.com)