Wabup Bener Meriah: Sekolah Mitra akan Dievaluasi Pemda

Monday 01 December 2014 , 10:26 AM
Wabup Bener Meriah didampingi Sekda (kiri) dan Kadisdik (kanan).(prioritaspendidikan.org)

Wabup Bener Meriah didampingi Sekda (kiri) dan Kadisdik (kanan).(prioritaspendidikan.org)

WABUP Bener Meriah Drs. Rusli M. Saleh menegaskan pemda melalui dinas pendidikan akan melakukan kinerja kepala sekolah, guru, dan pengawas yang sudah dua tahun dibina USAID PRIORITAS. “Tujuannya, mengetahui sejauh mana keseriusan Saudara memanfaatkan program ini,” kata Wabup. “Kami tidak akan segan-segan memberikan sanksi kepada sekolah yang tidak berkomitmen terhadap program ini.

Bahkan, jika perlu, kami hentikan bantuan fasilitasi kepada sekolah tersebut,” tegasnya. Hal tersebut disampaikan Wabup saat membuka pelatihan modul II di SMAN Negeri 1 Unggul Bener Meriah, kepada 23 sekolah yang terdiri atas 15 SD/MI dan 8 SMP/MTs (21/10). Pihak pemda berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan dan akan memanfaatkan secara menyeluruh fasilitasi yang dilakukan USAID PRIORITAS. Salah satunya, mengalokasikan dana diseminasi.

Sementara itu, peserta pelatihan menyatakan manfaat yang diperoleh dengan pelatihan tersebut. “Dengan pelatihan modul 2 ini, kami lebih kreatif karena siswa dapat diajak belajar di luar ruangan kelas. Misalnya, saya guru IPA dapat mengenalkan lingkungan kepada siswa dan mereka lebih kreatif karena banyak objek yang siswa lihat,” kata Lasma Farida, guru MTsN Janarata. Hal senada disampaikan guru lainnya. “Modul 2 ini menjadikan saya berpikir lebih kreatif dan harus memiliki keterampilan yang dapat membuat pelajaran yang saya ajarkan disenangi oleh siswa sehingga mereka lebih kreatif,” jelas Nurnijayah, guru SMPN 2 Timang Gajah.

Peserta juga melakukan praktik yang baik langsung ke SD/MI atau SMP/MTs yang dipilih saat pelatihan. Keseluruhan kegiatan pelatihan tersebut dipandu oleh fasilitator daerah (fasda) dari unsur guru, kepala sekolah. dan pengawas Kab. Bener Meriah. Mereka telah mengikuti tahapan pelatihan tingkat provinsi sehingga dianggap mampu melatih serta menyebarluaskan praktik yang baik kepada sekolah-sekolah lainnya di Bener Meriah.(prioritaspendidikan.org)

Leave a Reply

Your email address will not be published.