USAID Gembleng Guru Madrasah Demi Peningkatan Kualitas Anak Didik

oleh -6 views
www.gadowne.com
Arrief Ramdhani
www.gadowne.com
www.gadowne.com

SEBANYAK 52 guru dari 7 Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Cijeunjing Kabupaten Ciamis, digembleng dalam  pelatihan praktek pembelajaran bagi guru, yang diselenggarakan United States Agency for International (USAID) di MTsN, Cijeunjing.

Kepala MTsN Cijeunjing Dede Saeful Uyun, mengatakan kerjasama USAID dengan Kemenag dalam kegiatan Diseminasi untuk guru madrasah ini sangat bermanfaat, bagi peningkatkan mutu pendidikan madrasah.

“Ini hari ketiga pelatihan, mereka mengikuti pelatihan sejak Rabu (10/06) kemarin. Banyak pengalaman baru dalam penerapan metode pembelajaran yang diperoleh guru. Mudah-mudahan ini bisa diterapkan oleh guru peserta diseminasi saat mengajar di kelas, “ ujar Saeful Uyun, Jumat (12/06).

Meningkatnya mutu dan kualitas pendidikan kata Uyun  sangat bertumpu pada kualitas dan  peranan guru. Maka  itu diharapkan guru mampu berinovasi dan kreatif dalam memberikan pembelajaran kepada siswa, sehingga siswa bisa lebih mudah mencerna pelajaran yang diajarkan.

“Setelah mengikuti pelatihan ini guru akan dapat menyelaraskan sistem pembelajaran. Karena itu pelatihan ini lebih ditekankan pada Contextual Teaching and Learning,’” tambahnya.

CTL kata dia, merupakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut pada konteks kehidupan mereka sehari-hari , konteks pribadi, sosial, dan kultural sehingga,  siswa memiliki pengetahuan atau keterampilan yang secara fleksibel dapat diterapkan dari satu permasalahan ke permasalahan lainnya.(fokus.jabar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.