UPI Tempat Pertama Simulasi Seleksi CPNS Sistem CAT

oleh -4 views
Kampus UPI Bandung
Arrief Ramdhani
Kampus UPI Bandung
Kampus UPI Bandung

KAMPUS  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, menjadi tempat pertama pelaksanaan roadshow sosialisasi dan simulasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan sosialisasi dan simulasi di kampus UPI ini digelar pada awal Juli lalu. Acara yang sama akan digelar di enam kota besar, yaitu Semarang, Denpasar, Surabaya, Makassar, dan Medan.

Untuk sosialisasi dan simulasi sistem CAT ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menandatangani kerja sama dengan JobsDB, portal penyedia lowongan kerja. Tujuannya untuk  berperan aktif dalam menyebarkan informasi serta mengedukasi para calon peserta seleksi CPNS agar pelaksanaan proses perekrutan berjalan dengan transparan, profesional, dan akuntabel, baik secara online maupunoffline.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPANRB Drs Herman Suryatman MSi,  menyambut baik kerja sama ini. “KemenPAN-RB telah menerapkan reformasi birokrasi. Pendaftaran CPNS yang makin mudah diakses, terbuka, dan profesional adalah bagian dari reformasi tersebut. Apalagi dalam waktu dekat kami akan menerapkan sistem CAT, di mana peserta dapat mengikuti tes dan langsung mengetahui hasilnya. Harapan kami ke depan, kerja sama strategis dengan jobsDB ini dapat menjangkau lebih banyak peserta seleksi CPNS, sehingga mereka dapat lebih mudah memperoleh informasi dan peluang menjadi CPNS,” kata Herman.

Menurut rencana, lowongan CPNS 2014 akan membuka 100 ribu formasi pegawai, yang terdiri dari 65 ribu PNS dan 35 ribu Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tahun ini ada 464 instansi yang mendapatkan persetujuan prinsip formasi, yakni 59 kementerian/lembaga, dan 405 pemerintah daerah yakni 28 provinsi serta 377 kabupaten/kota.

Pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dilaksanakan pada bulan Juli dan Tes Kemampuan Dasar dimulai pada bulan Agustus 2014. Pendaftaran dilakukan secara online, dengan sistem single entry. Pelamar dapat memilih tiga pilihan jabatan pada satu instansi. Satu hal lagi yang perlu dicatat masyarakat bahwa sekarang tidak lagi diperlukan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat keterangan Sehat, dan Kartu Kuning pada tahap seleksi awal. Persyaratan administratif itu baru diserahkan jika pelamar dinyatakan diterima menjadi CPNS. Dalam seleksi CPNS tahun 2014 ini juga membuka lowongan sebesar 5 persen bagi sarjana dari berbagai jurusan, atau lintas jurusan.(jabar.tribunnews.com) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.