UPI Jajaki Kerjasama dengan Yulin Normal University

oleh -5 views
Kampus UPI Bandung
Arrief Ramdhani
Kampus UPI Bandung
Kampus UPI Bandung

YULIN Normal University ingin berkolaborasi akademik dan merambah dunia international yang bemanfaat untuk sekolah, staf, dan mahasiswa. Untuk itu, Yulin Normal University ingin bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Terutama untuk 17 fakultas subordinasi, antara lain Fakultas Sastra dan Media, Fakultas Bahasa Asing, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Jasmani, dan beberapa disiplin ilmu lainnya.

Vice President Yulin Normal University Prof. Li Weizhong, saat melakukan kunjungan ke Universitas Pendidikan Indonesia, Senin (21/7/2014), di Gedung Partere, Jalan Setibudhi Bandung.

Dalam lamannya yang diunduh Jumat (24/7/2014), Li Weizhong menjelaskan, Yulin Normal University adalah sebuah universitas umum yang berada langsung di bawah Departemen Pendidikan Daerah Otonomi Guangxi Zhuang.

Yulin Normal University fokus dan aktif pada kerjasama internasional dan pertukaran di bidang pendidikan dan kebudayaan. “Oleh karena itu, kami berharap dapat berkolaborasi akademik dengan perguruan tinggi di sini agar dapat memperluas kerjasama dengan dunia internasional dapat bermanfaat bagi sekolah, staf, mahasiswa kami,” ujarnya.

Dikatakannya,Yulin Normal University telah melakukan program pendidikan internasional seperti program “3+1”, “0+4”, dan beberapa Program Budaya China. Mahasiswa yang terdaftar melalui program pertukaran antara universitas dengan predikat yang sangat baik akan dikirim pergi ke luar negeri untuk studi lebih lanjut. Bahasa pengantar yang digunakan di Yulin Normal University adalah bahasa Inggris dan Mandarin. Akan tetapi pada umumnya menggunakan bahasa Mandarin.

“Kami berharap ada mahasiswa dari UPI atau dari Indonesia yang berkuliah di Yulin Normal University, kemudian mengkolaborasikan departemen yang serupa,” harapnya.

Menanggapi permintaan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan, dan Hubungan Internasional Prof. Dr. H. E. Aminudin Azis, MA., mengatakan, UPI sangat terbuka untuk siapapun termasuk untuk melakukan sebuah kerja sama. Kerjasama seperti itu, bisanya diawali dengan membuat hal-hal kecil, baru kemudian dikembangkan menuju suatu kerjasama yang lebih besar.

UPI menurut Warek, akan mengidentifikasi apa yang dapat dikerjasamakan. Kemungkinan diawali dengan pertukaran staf untuk mempelajari segala hal ataupun program yang bisa dikolaborasikan, Contohnya dengan mengirim dosen dari YNU untuk memperkenalkan budaya China, kemudian UPI kirimkan mahasiswa ke YNU.

”Langkah kecil menentukan langkah besar. Menandatangani sebuah MoU itu sangat mudah tetapi menyatukan konsep itu yang memerlukan waktu. Oleh karena itu, kita harus mengidentifikasi dulu bentuk kerjasama apa yang bisa kita laksanakan yang kemudian dilegalkan melalui sebuah MoU,” demikian Warek.”

Delegasi Yulin Normal University yang datang berkunjung ke UPI saat itu adalah Vice President Prof. Li Weizhong, Director of College of Education Science Prof. Liang Zhaohua, Chinese Literature & Media Prof. Huang Jianyun, dan Internasional Exchange Section Zhu Yun.

Delegasi diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan, dan Hubungan Internasional Prof. Dr. H. E. Aminudin Azis, MA., Dekan FIP Prof. Dr. H. Ahman, M.Pd., Dekan FPBS Prof. Dr. H. Didi Sukyadi, M.A., Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Inggris Riesky, M.Ed., serta Kepala Office Of International Education and Relations (OIER) Sri Harto, M.Pd.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.