Upacara Adat Sunda Meriahkan Samenan SDN II Cikembar

oleh -6 views
Upacara Adat Sunda Meriahkan Samenan SDN II Cikembar
Arrief Ramdhani
Upacara Adat Sunda Meriahkan Samenan SDN II Cikembar
Upacara Adat Sunda Meriahkan Samenan SDN II Cikembar

UPACARA adat Sunda iringi kenaikan kelas dan pelepasan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) II Cikembar di Jalan Cagak Cibatu Desa Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Rabu, (25/6).

Dalam memeriahkan kenaikan kelas atau yang dikenal dengan samenan berbagai kreasi siswa ditampilkan diantaranya, pembacaan wahyu illahi, tarian modern, tarian tradisional ditambah Hiburan, Lagu dan Bodor (Hiblador) yang diundang dari luar sekolah pada malam harinya.

Selain itu,  acara pun dihadiri beberapa tamu undangan yakni, Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Cikembar, Kepala Desa Cibatu, tokoh masyarakat, Muspika, Komite Sekolah dan lain sebagainya.

Kepala SDN II Cikembar Ecep S.Pd yang diwakili salah seorang guru Sugiarti S.Pd mengatakan, kegiatan dimulai Pukul 07:30 WIB serta dibuka dengan penampilan barisan Drum Band. Sambutan antusias dari orang tua siswa dan masyarakat mengiringi kegiatan tersebut.” Selain memeriahkan kenaikan kelas, acara ini juga bertujuan untuk menampilkan hasil belajar siswa selama mereka menimba ilmu,” kata Sugiarti kepada www.sukabumizone.com Rabu, (25/06).

Bukan hanya itu, dengan kenaikan kelas diharapkan prestasi akademik maupun non akademik meningkat dari tahun ke tahun demi menuju pendidikan optimal. “Kami bersyukur berkat dukungan serta partisipasi orang tua siswa acara ini bisa terwujud sesuah harapan,”tuturnya.

Menurutnya, samenan sebagai agenda tahunan sekolah bisa menjadi motivasi sehingga siswa menjadi kreatif.” Tentunya hal ini akan berdampak pada prestasi mereka di masa yang akan datang,” ujarnya.
Mengakhiri pemrbincangan ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung berlangsungnya acara tersebut. “Sekali lagi saya mewakili jajaran pendidik di sekolah ini mengucapkan terimakasih,” tandasnya.(sukabumizone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.