Untungnya Ikut SBMPTN Itu…

oleh -2 views
Logo SBMPTN
Arrief Ramdhani
Logo SBMPTN
Logo SBMPTN

TAHUN ini, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menyelenggarakan ujian tertulis sebagai salah satu bentuk seleksi masuk PTN selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pelaksanaan seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan. Baik bagi peserta mahasiswa, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Demikian, seperti disitat dari laman Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Jumat (9/5/2014).

banner 728x90

Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini disebabkan adanya mekanisme lintas wilayah. Apalagi, dalam SBMPTN. setiap calon mahasiswa berpeluang untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Tidak hanya itu, selain untuk lulusan tahun 2014, SBMPTN dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2012 dan 2013. Persyaratan utama, para peserta harus memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya

Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, reliabiltas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum).

Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan. Untuk pendaftaran dan pemilihan prodi, para calon mahasiswa dapat mengakses laman SBMPTN di https://pendaftaran.sbmptn.or.id.

Tapi, untuk mendaftar baru bisa dilakukan pada 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB. Pendaftaran online tersebut akan ditutup pada 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.