Unpad Terus Genjot Lulusan Vokasi

oleh -18 views
Kampus Unpad
Arrief Ramdhani
Kampus Unpad
Kampus Unpad

Menyadari pentingnya peranan lulusan pendidikan vokasi, maka Unpad terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja. Bahkan, berbagai kerjasama dengan lembaga pun kerap dilakukan.
Sebanyak 58 mahasiswa Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) Diploma 1 (D1) yang merupakan kerjasama antara Universitas Padjajaran (Unpad) dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Open Learning Centre (SEAMOLEC) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akhirnya diwisuda.

“PVB D1 Unpad ini merupakan program yang dijalankan Unpad berdasarkan tugas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Unpad dalam hal ini membina para instruktur yang merupakan guru-guru SMK, dan para instruktur itu yang mengajar para mahasiswa program PVB D1 ini,” ucap Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS., seperti disitat dari laman Unpad, Jumat (5/7/2013).

Lulusan program PVB D1 Unpad 2013 terdiri dari 19 orang dari Program Studi (Prodi) Budidaya Perikanan, Konsentrasi Manajemen Produksi & Teknologi Pengolahan Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, kemudian ada 10 orang dari Program Studi Teknologi Informasi, Konsentrasi Mobile Application, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, dan 29 orang dari Program Studi Budidaya Pertanian, Konsentrasi Teknologi Perakitaan dan Produksi Benih, Fakultas Pertanian.

Koordinator PVB D1 Unpad Dr. Ir. Reginawati Hindersah, MP., mengatakan para mahasiswa PVB D1 belajar di sejumlah SMK di Jabar yang menjadi subkampus Unpad. Setelah lulus, mereka akan menjadi ahli pratama yang memiliki keahlian spesifik untuk menghasilkan produk dan pelayanan serta siap bekerja mandiri.

“Contohnya, mereka yang belajar produksi benih setelah lulus sudah bisa menghasilkan benih yang sesuai dengan sertifikasi nasional. Mereka diharapkan bisa mandiri dalam bekerja,” ungkap Dosen Fakultas Pertanian Unpad itu.

Sekadar informasi, peserta program PVB D1 Unpad merupakan alumni SMK dari berbagai kota di Jabar seperti Subang, Cimalaya, Majalengka, Sukabumi, Sumedang, Garut, Baleendah, dan juga Kota Bandung. Dari 58 lulusan yang diwisuda, Aditya Lukman dari Program Studi Teknologi Informasi, Konsentrasi Mobile Application tercatat sebagai wisudawan dengan IPK Tertinggi 3,81.(kampus.okezone.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.