Unpad Tembus 4 Besar Ranking Webometrics Indonesia

oleh -2 views
Logo Unpad
Arrief Ramdhani
Logo Unpad
Logo Unpad

UNPAD menempati posisi ke-4 dalam pemeringkatan Webometrics  edisi Agustus 2013, setelah ITB, UGM, dan UI. Secara nasional, ini merupakan peringkat terbaik yang pernah diraih Unpad. Pada Webometrics edisi Februari 2013 lalu, Unpad masih menduduki peringkat ke-9 secara nasional. Tahun lalu, di semester pertama Unpad berada di peringkat 18, dan di semester kedua berada di peringkat 12.

Webometrics merupakan pemeringkatan yang dilakukan oleh Cybermetrics Lab, sebuah lembaga penelitian di Spanyol, untuk mengukur kualitas perguruan tinggi di seluruh dunia berdasarkan aktivitasnya di internet dan isi website kampus masing-masing. Cybermetrics Lab telah melakukan pemeringkatan ini sejak tahun 2004 dan menerbitkan hasilnya setiap 6 bulan sekali.

Meski demikian, secara global peringkat Webometrics perguruan tinggi di Indonesia mengalami penurunan. ITB yang berada di peringkat 1 secara nasional, secara global berada di peringkat 600. Di edisi Februari 2013, ITB secara global berada di peringkat 497. UGM yang kini berada di peringkat 640, di edisi sebelumnya berada di peringkat 440, dan UI yang sebelumnya berada di peringkat 581 global, kini berada di peringkat 653. Sementara Unpad yang sebelumnya berada di peringkat 885 global, kini berada di peringkat 1.084 global. 

Peringkat 4ICU
Selain mengalami kenaikan peringkat nasional Webometrics, Unpad juga mengalami peningkatan di peringkat  4 International Colleges & Universities (4ICU), pemeringkatan berdasarkan popularitas website. Pada rilis yang diterbitkan 15 Juli 2013 lalu, Unpad menempati peringkat ke-6 secara nasional. Ini juga merupakan raihan tertinggi Unpad di 4ICU karena pada edisi Januari 2013 Unpad masih berada di peringkat 13, dan pada edisi tahun lalu Unpad menempati peringkat 11 di 4ICU.

Tiga besar 4ICU juga dikuasai oleh tiga perguruan tinggi yang sama seperti peringkat Webometrics. UGM menempati peringkat pertama, disusul kemudian oleh UI di peringkat kedua dan ITB di peringkat ketiga. Peringkat ke-4 dan ke-5 ditempati oleh perguruan tinggi swasta, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Kristen Petra Surabaya, baru kemudian Unpad di peringkat ke 6.

Secara global, Unpad berada di peringkat 653 dalam pemeringkatan versi  4ICU, sedangkan UGM berada di peringkat 198 global, UI peringkat 300 global, dan ITB peringkat 302 global.(unpad.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.