Unpad Jamin tidak Ada “Plonco”

oleh -7 views
Kampus Unpad
Arrief Ramdhani
Kampus Unpad
Kampus Unpad

FENOMENA terjadinya beberapa kasus kekerasan atau penganiayaan senior terhadap yunior dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) di berbagai perguruan di Indonesia, menguatkan Unpad untuk memberikan jaminan tidak adanya perpeloncoan dalam PMB Unpad 2014. Sebaliknya, justru Unpad akan memberlakukan PMB kali ini dalam nuansa kesundaan. Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Engkus Kuswarno didampingi Ketua Pelaksana PMB Unpad 2014 Dudy Heriyadi menyampaikan hal itu kepada wartawan.

Dikatakan Warek, jaminan tidak akan adanya perpeloncoan tersebut dibuktikan dengan dikeluarkannya surat edaran dari universitas ke fakultas sampai program studi. Selain itu, telah dikordinasikan pula dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema Unpad selaku pelaksana. “Insya Allah, kami akan menjamin tidak akan perpeloncoan dalam PMB Unpad tahun ini,” ujar Warek.

Malah lanjut Warek, saat pembukaan nanti, calon mahasiswa baru Unpad akan disambut dengan alunan kacapi suling yang ditampilkan dalam budaya Sunda. Seperti tari-tarian dan pemberian materi ilmiah terkait Asean Community 2015.

Pada Tahun akademik 2014/2015 Unpad menerima 5.700 calon mahasiswa bari untuk program sarjana. Sebanyak 2.696 diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan sisanya diterima dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Calon mahasiswa baru untuk jalur SNMPTN telah melakukan registrasi pada 17 Juni lalu. Untuk calon mahasiswa baru jalu SBMPTN akan melakukan registrasi administratif pada 12-13 Agustus 2014. Setelah terlebih dahulu melakukan pengisian biodata online 21-31 Juli dan membayar biaya kuliah pada 5-11 Agustus 2014.

Untuk pelaksanaan registrasi administrasi, kata Warek, Unpad akan menggelar “Open House” bagi para orang tua calon mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN pada 14-15 Agustus 2014 di Kampus Jatinangor. Sementara untuk kegiatan PMB akan dilaksanakan di fakultas masing-masing pada 20-22 Agustus 2014 mendatang.

Ketua Pelaksanan PMB Unpad 2014 Dudy Heriyadi menjelaskan, PMB akan dilaksanakan pada 18-19 Agustus di Stadion Jati Padjadjaran Unpad Kampus Jatinangor. Semua kegiatan PMB akan diarahkan lebih persuasif dengan pemberian tugas yang tidak bertentangan dengan pendidikan. Bahkan akan lebih diarahkan pada bentuk “awarness” terhadap lingkungan maupun budaya Sunda di mana Unpad berada.

Pada pelaksanaannya, mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan di tingkat universitas yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan perwakilan fakultas melalui parade UKM dan penampilan bakat masing-masing UKM. Selain itu mahasiswa baru akan ditugasi membuat video, proposal program kreativitas mahasiswa (PKM) dan program daur ulang sampah yang nantinya akan diapresiasi dalam acara Pramuda Award.

“Semua ini dengan catatan, tidak dengan paksaaan. Bagi yang bisa, silakan. Bagi yang tidak bisa juga tidak apa-apa,” ujar Dudy.

Jaminan lain tidak akan ada perpeloncoan adalah batasa masa PMB dibatasi sampai pukul 16.00 wib. Sehingga tidak terjadi calon mahasiswa baru yang harus pulang malam karena agenda PMB. “Ini kita sudah tegaskan kepada seluruh pelaksana baik di tingkat Univeristas, Fakultas, maupun kepada BEM nya sendiri,” tegas Dudy.

Warek juga mengimbau, setiap calon mahasiwa untuk tidak mengikuti kegiatan-kegiatan di luar jadwal kegiatan PMB formal. Apabila ada ajakan untuk mengkuti kegiatan di luar sepengetahuan panitia PMB, maka calon mahasiswa wajib menolaknya.

“Kami juga meminta para orang tua berperan aktif. Apabila ada ajakan kegiatan di luar kegiatan formal atau tindakan kekerasan kepada calon mahasiswa baru, silakan laporkan kepada kamin” ujarnya menegaskan. (pikiran-rakyat.com)

 

25 thoughts on “Unpad Jamin tidak Ada “Plonco”

  1. Ping-balik: satta king
  2. Ping-balik: mo thay di hoc
  3. Ping-balik: ogamenews.com
  4. Ping-balik: new-movies123.link
  5. Ping-balik: cheap upart wigs
  6. Ping-balik: CI/CD
  7. Ping-balik: Skrot Uddevalla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.