Unpad Gelar Berbagai Pelatihan di Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya

oleh -14 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani

unpad suasana-pelatihan

PROGRAM Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad menggelar pelatihan Pengelolaan Pepustakaan Sekolah di Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Pelatihan yang diikuti sekira 60  Guru SD hingga SMA tersebut dilaksanakan selama dua hari pada 28 Februari dan 1 Maret 2014 di Gedung Guru Kec. Cigalontang Kab. Tasikmalaya.

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari peresmian Desa Jayapura Cigalontang Kab. Tasikmalaya sebagai Desa Mitra Unpad pada 21 Januari 2014 lalu. Kegiatan pelatihan ini dihadiri Kabag Tata Usaha LPPM Unpad Kiki Pinardi, S.IP., M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kab. Tasikmalaya, Endang Zaenal Alfian beserta jajarannya, Kepala Desa Jayapura, Cigalontang Kab. Tasikmalaya, H. Eeng Yudarman beserta beberapa kepala sekolah di lingkungan Kec. Cigalontang.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Tasikmalaya menyampaikan terima kasih kepada Unpad atas terlaksananya program ini. Program pelatihan semacam ini menurutnya sangat besar manfaatnya bagi pengembangan pendidikan khususnya di wilayahnya. Menurutnya, perpustakaan adalah penopang bagi peningkatan mutu pendidikan.

“Selama ini perpustakaan yang ada, tata kelolanya masih tradisional sehingga dalam pemahaman kita, sangat sulit membedakan mana perpustakaan dan mana gudang buku. Untuk itu setelah mengikuti pelatihan ini saya harap fungsi perpustakaan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dapat dioptimalkan dengan tata kelola yang lebih baik,” lanjut  Endang Zaenal.

Tidak hanya itu,  Endang Zaenal pun siap memfasilitasi bagi sekolah dasar yang ingin membangun perpustakaan. Menurutnya dana pembangunan itu ada, tinggal pihak sekolah menyiapkan tempat atau lahannya saja.

“Saya akan membangun sekira 34 perpustakaan bagi sekolah dasar, namun syaratnya harus memiliki lahan. Asal lahannya ada, kita akan bangun perpustakaan, karena kita ada anggaran khusus untuk membangun itu,” janji  Endang Zaenal.

Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan kompetensi bagi guru-guru di lingkungan Kec. Cigalontang dalam meningkatkan pengelolaan perpustakaan. Materi yang disampaikan meliputi Peranan Perpustakaan Dalam Kegiatan Belajar, Menumbuhkan Minat Baca melalui Pendekatan Budaya Khususnya Sunda, Klasifikasi dan Katalok, Administrasi Layanan dan entri data yang disampaikan oleh staf pengajar Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fikom Unpad, Dra. Sukaesih, M.Si., Samson CMS., S.Sos., M.Ikom., dan Drs. Yunus Winoto, M.Pd.

Terkait pelatihan Pengelolaan Pepustakaan Sekolah di Kec. Cigalontang Kab. Tasikmalaya ini, Kiki Pinardi menyampaikan bahwa pelatihan yang diadakan Unpad ini Gratis. Semua fasilitas dan bahan materi yang ada, diberikan Unpad dengan cuma-cuma.

“Peserta tinggal datang dan mendaftar, tanpa dipungut biaya sepeser pun, dan diakhir pelatihan akan mendapatkan sertifikat,” lanjut Kiki.

Selain kegiatan pelatihan pengelolaan perpustakaan, ada pula kegiatan Super Motivasi bagi siswa-siswa SMA di wilayah Kec. Cigalontang dan penyuluhan pembuatan taman lalap atau sayur bagi ibu-ibu PKK di Desa Jayapura. Selain itu Unpad juga memberikan sekira 180 eksemplar buku Sunda, baik kamus, buku cerita, guguritan dan ekseklopedia pada perpustakaan Kec. Cigalontang. Buku yang disumbangkan Unpad merupakan sumbangan dari Rektor Unpad. Prof. Ganjar Kurnia.

Saat ditemui setelah penyerahan buku, Sekretaris LPPM Unpad Sondi Kuswayan, Ir. M.S., mengatakan rangkaian kegiatan ini merupakan tidak lanjut dari bagaimana kita mengimplementasikan program-program yang telah ditawarkan Unpad pada desa mitra di Kecamatan  Cigalontang ini.

“Kedepan program ini akan terus kita monitoring sebagai evaluasi, sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Unpad, khususnya di desa mitra ini ada track recordnya. Dan kita berharap program ini bermanfaat bagi kedua belah pihak,” Pungkas Sondi.(unpad.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.