Unpad Gandeng Telkomsel Kembangkan Sistem Informasi untuk Civitas Unpad

oleh -5 views
Unpad Gandeng Telkomsel Kembangkan Sistem Informasi untuk Civitas Unpad.
Arrief Ramdhani
Unpad Gandeng Telkomsel Kembangkan Sistem Informasi untuk Civitas Unpad.
Unpad Gandeng Telkomsel Kembangkan Sistem Informasi untuk Civitas Unpad.

DALAM rangka mengembangkan sistem informasi untuk civitas Unpad, Senin (21/7), Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unpad Dr. med. Setiawan, dr., dan Vice President Sales & Marketing Telkomsel Area Jabotabek Jabar, Erwin Tanjung menandatangani Perjanjian Kerja Sama antara Unpad dengan Telkomsel di GraPARI Digilife, Jl. Ir. H. Juanda, Bandung, Senin (21/07) kemarin. Penandatanganan perjanjian kerja sama itu disaksikan oleh Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia, Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga dan Executive President Telkomsel Area Jabotabek Jabar, Venusiana Papasi.

Menurut Dr. Setiawan, dalam kerja sama ini Telkomsel memberi kemudahan komunikasi antar civitas Unpad, khususnya mahasiswa baru tahun akademik 2014/2015 melalui penggunaan nomor perdana Simpati Loop Telkomsel, sehingga membentuk sebuah komunitas khusus di Unpad.

“Untuk kita, pentingnya kerja sama ini dalam memberikan informasi akademik maupun informasi yang lain yang perlu diketahui oleh seluruh civitas akademika, karena dengan adanya komunitas Loop ini sistem SMS blast ini menjadi free dan sangat efisien dan memudahkan mereka berinteraksi satu dengan yang lain,” jelasnya saat dihubungi usai acara.

Dr. Setiawan juga mengungkapkan bahwa disamping Loop, kerja sama dengan Telkomsel lainnya yang dikembangkan saat ini adalah pemanfaatan T-cash. Seperti kerja sama dengan perbankan lain dalam mengembangkan e-money ini, kita bisa mengurangi penggunaan uang cash di kampus.

“Permasalahan di kita uang cash kita ini cepat rusak dan tidak efisien karena perlu dibuat uang baru dan nilainya cukup besar. Jadi kalo kita bisa sedikit demi sedikit beralih dari uang cash ke e-money akan membantu penyelesaian tadi,” ujarnya.

Acara penandatanganan perjanjian kerja sama ini juga berbarengan dengan peresmian GraPARI Digilife di Jl. Ir. H. Juanda, Bandung oleh Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga. Di tempat tersebut, Telkomsel menghadirkan kantor layanan sekaligus Digital Life Experience Centre melalui layanan digital Telkomsel. Telkomsel juga menampilkan berbagai layanan teknologi inovasi terkini seperti Google Glass dan Mobile Point of Sales (MPOS).

Menanggapi pemanfaatan teknologi digital tersebut, Dr. Setiawan mengharapkan civitas Unpad selain sebagai konsumen teknologi, diharapkan juga bisa menjadi produsen teknologi melalui riset-riset yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dari Teknologi Informatika, Matematika dan program studi MIPA lainnya dalam membuat atau mengembangkan aplikasi digital ini dalam berbagai aspek kegiatan.

“Alhamdulillah pengembangan masyarakat digital di kampus ini sudah dimulai, kita ditantang oleh Telkom untuk mengusulkan proyek yang didanai melalui Indigo Incubator, nah ini kita sudah bisa merespon. Ini tentunya menjadi tantangan kita untuk mendorong mahasiswa dan dosen khususnya di bidang informatika dan lainnya untuk bekerja sama mengembangkan informatika dalam merumuskan produk-produk digital yang bisa dimanfaatkan oleh kita di kampus,” pungkasnya.(unpad.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.