Unpad Dorong Masyarakat Hidup Lestari

Friday 06 November 2015 , 7:34 AM
Ilustrasi (nasional.news.viva.co.id)

Ilustrasi (nasional.news.viva.co.id)

FAKTOR yang paling mendasar dari tragedi bencana kebakaran hutan dan lahan tahun ini adalah aktivitas manusia yang tidak selaras dengan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan. Ditambah lagi kemarau panjang yang dipicu gejala El Nino yang berlangsung menjadikan bencana semakin parah.

“Sudah saatnya kita mengakhiri kesalahan yang berulang terjadi setiap tahun. Dalam pembangunan nasional, bangsa Indonesia harus sungguh-sungguh berupaya untuk maju dengan melaksanakan program-program pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkeadilan sosial, pembangunan berkelanjutan,” demikian diungkapkan Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad dalam Wisuda Gelombang I tahun akademik 2015/2016 di Graha Sanusi Hardjadinata Jalan Dipati Ukur, Rabu (4/11/2015).

Menurut Tri, berbagai kerusakan lingkungan dan dampak negatif lainnya terhadap masyarakat luas memerlukan upaya kuratif untuk merehabilitasinya. Namun, yang sama pentingnya adalah melakukan upaya-upaya preventif secara optimal agar tragedi yang sama tidak perlu berulang di tahun-tahun mendatang.

Tri menyebutkan Unpad akan terus melibatkan diri dalam berbagai upaya tersebut. Peran Unpad, kata Tri, melalui jalur pendidikan yang mendorong terbangunnya masyarakat yang hidup lestari. “Masyarakat yang kritis tentang pentingnya keberlanjutan lingkungan, merupakan salah satu pilar utama yang dapat mengontrol berlangsungnya proses pembangunan yang berkelanjutan,” ucap Tri.(pikiran-rakyat.com)

 

Comments are closed.