Unpad dan Telkom Resmikan Bale Motekar, Pusat Kreativitas dan Inkubasi Bisnis

oleh -18 views
Universitas Padjadjaran (okezone.com)
Arrief Ramdhani

 

Universitas Padjadjaran perguruan tinggi negeri (PTN) yang berstatus badan hukum (PTN BH) (okezone.com)
Universitas Padjadjaran  (okezone.com)

UNPAD bekerja sama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) membangun Pusat Kreativitas dan Inkubasi Bisnis “Bale Motekar” di Jalan Banda No. 40 Bandung. Pusat ini akan dijadikan sebagai inkubator kreativitas, baik bagi civitas akademika Unpad maupun masyarakat Bandung.

Adapun soft launching “Bale Motekar” digelar pada Kamis (11/09) di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, di sela Sidang Terbuka Senat Universitas dalam rangka Dies Natalis ke-57 Unpad. Peresmian tersebut dilakukan oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, bersama Dirut PT. Telkom Dr. Arief Yahya, dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang juga sebagai Ketua Ikatan Alumni Unpad, Dr. Sapta Nirwandar.

Kepala Badan Pengembangan Usaha (BPU) Unpad, Dr. Bambang Hermanto, M.Si., mengatakan, Bale Motekar ini akan menginkubasi segala aspek kreativitas, baik yang mengarah pada bisnis maupun tidak.

“Untuk kegiatan kreativitas yang tidak mengarah kepada bisnis, kami fasilitasi civitas akademika maupun masyarakat umum, seperti kegiatan pelatihan fotografi, ataupun lainnya,” kata Dr. Bambang.

Sementara untuk kreativitas yang mengarah pada bisnis, Bale Motekar pun akan memfasilitasi bagi para pelaku industri kreatif untuk diinkubasi serta wadah komunikasi antar pelaku kreatif. Pihaknya telah mengagendakan kegiatan-kegiatan pengembangan industri kreatif hingga bulan Desember mendatang, diantaranya: berbagai pelatihan, pengembangan kewirausahaan berbasis IT, serta fasilitasi pelaku industri kreatif dengan pihak Perbankan.

“Intinya kreatif segala aspek. Apabila setelah diinkubasi dan ternyata berkembang, baru akan kita spin off menjadi sebuah perusahaan,” tambahnya.

Dalam sambutannya,  Arief Yahya pun menekankan pentingnya suatu pusat inkubator bisnis bagi para pelaku industri kreatif. Diakuinya, Indonesia baru memiliki sekitar 7% industri berbasis kreatif. Untuk itu, Bale Motekar ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengembangkan para pelaku industri kreatif untuk mampu bersaing.

Lebih lanjut Alumni Unpad ini mengatakan, Bale Motekar akan menginkubasi start upberbagai pelaku industri kreatif di Indonesia pada tingkat dunia. Pihaknya akan mengirimkan pula pada “Silicon Valley”, rumah bagi banyak industri teknologi digital dunia termasuk Google.

“Dengan masuk ke Silicon Valley, saya harapkan pelaku industri digital di Indonesia akan bangkit,” ujarnya.

Pembangunan Pusat Kreativitas dan Inkubasi Bisnis ini juga merupakan salah satu perwujudan antara kelompok akademik, pelaku bisnis, dan pemerintah. “Saya bisa menambahkan bahwa Bale Motekar ini adalah perwujudan dari kerja sama antara akademisi, bisnis, komunitas, dan pemerintah,” tambah Arief.

Dr. Bambang menargetkan, Bale Motekar ini ditargetkan akan optimal pada tahun 2015. Pengelolaannya sendiri akan dilakukan oleh Unpad dan PT. Telkom. “Harapannya, Bale Motekar ini akan berjalan dengan baik. Intinya kreatif saja dulu, jangan terbelenggu,” pungkasnya.(unpad.ac.id)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.