Unpad Berikan Pembekalan Sekaligus Verifikasi bagi Mahasiswa Bidikmisi 2014

oleh -8 views
Universitas Padjadjaran (okezone.com)
Arrief Ramdhani
Universitas Padjadjaran.(okezone.com)
Universitas Padjadjaran.(okezone.com)

CALON mahasiswa baru Unpad Tahun Akademik 2014/2015 yang memperoleh dana pendidikan Bidikmisi telah selesai melaksanakan registrasi administrasi pada Rabu (17/06) lalu. Dengan demikian, calon mahasiswa baru tentunya sudah mempersiapkan hal-hal untuk memasuki dunia perkuliahan.

Untuk lebih meningkatkan kesiapan tersebut, Unpad menggelar kegiatan Pembekalan dan Verifikasi Program Bidikmisi Tahun 2014. Kegiatan yang digelar pada Sabtu (21/06) hingga Selasa (24/06) bertempat di Hotel Nirwana, Cikole, Lembang. Sebanyak 604 calon mahasiswa baru program Bidikmisi mengikuti kegiatan ini.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Unpad, Wahyu Alamsyah, drs., M.Si., mengungkapkan, kegiatan pembelakan sekaligus verifikasi ini ditujukan untuk meningkatkan kesiapan calon mahasiswa Bidikmisi menghadapi dunia kuliah. Selain itu, verifikasi ini juga ditujukan agar program Bidikmisi ini dapat tepat sasaran.

“Kita mengharapkan para mahasiswa Bidikmisi supaya tepat sasaran, jangan sampai kita menerima mahasiswa Bidikmisi tapi tidak layak menjadi mahasiswa Bidikmisi,” tuturnya ketika ditemui di Hotel Nirwana, Lembang, Sabtu (21/06).

Materi yang diberikan dalam kegiatan ini seputar pada motivasi untuk mengembangkan diri oleh tim dari LPKA Unpad, seperti: membangun kepribadian, pengembangan diri, pembuatan rancangan kesuksesan masa depan, serta talkshowdengan pembicara alumni Unpad penerima Bidikmisi angkatan pertama.

“Mereka itu mahasiswa pilihan, sehingga kita mengharapkan mereka bisa melaksanakan pembelajaran itu dengan baik, bisa beraktivitas dan berinteraksi di kampus dengan baik. Sehingga dia bisa mandiri dan bisa menyelesaikan perkuliahan tepat pada 8 semester,” kata Wahyu.

Kegiatan ini terbagi menjadi 3 batch. Setiap batch diikuti oleh 200 calon mahasiswa. Harapannya, kegiatan ini dapat memotivasi calon mahasiswa Bidikmisi untuk dapat mengembangkan dirinya ketika sudah berkuliah di Unpad.

“Mereka yang berprestasi juga dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi sehingga mereka bisa menjadi calon-calon pemimpin dan calon pengelola daerah untuk meningkatkan potensi perekonomian daerahnya,” kata Wahyu.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Engkus Kuswarno, mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang digelar oleh Unpad dalam rangka membekali para calon mahasiswa Bidikmisi Unpad.

“Untuk masuk ke Unpad bukan perjuangan yang sangat ringan sehingga momentum ini harus disyukuri dan sekaranglah saatnya untuk menumpahkan kegembiraan itu,” ujar Prof. Engkus Kuswarno saat memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Prof. Engkus pun mengingatkan para peserta untuk terus menorehkan prestasi selama berkuliah di Unpad. Saat ini, Unpad memiliki early warning system yang akan diberikan kepada mahasiswa yang memiliki permasalahan perkuliahan, seperti belum melakukan heregistrasi, memiliki IPK di bawah 2,00, atau sudah melewati masa perkuliahan yang terjadwal.

“Jangan sampai masuk ke Unpad sulit maka lulus pun juga sulit. Targetkan lulus 4 tahun, bahkan lebih cepat lebih baik,” pesan Prof. Engkus.(unpad.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.