Unjuk Gigi Karya Unggulan di Kampoeng ITS

oleh -51 views
Logo ITS
Arrief Ramdhani
Logo ITS
Logo ITS

DALAM rangka merayakan hari jadi ke 53, berbagai fakultas di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memamerkan karya mereka dalam kegiatan Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan. Pada spot bertajuk Kampoeng ITS itu, tiap fakultas berlomba memamerkan karya unggulan masing-masing.
Memasuki Kampoeng ITS, pengunjung dapat menjumpai stan Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program (BKPKP). Stan tersebut menampilkan produk unggulan mereka berupa sayuran organik yang menjadi salah satu kebanggaan ITS.

“Ini merupakan produk dari program Urban Farming ITS. Tempatnya di dekat jurusan Teknik Material dan Metalurgi ITS,” ujar salah satu staf BKPKP Sulistyaningsih sambil menjelaskan produk tersebut kepada pengunjung, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (4/11/2013).

Tidak mau ketinggalan, berbagai jurusan di ITS juga ambil bagian. Sebut saja jurusan Teknik Mesin ITS yang dengan bangga memamerkan mobil EC ITS yang baru diresmikan awal Oktober lalu dan sukses menarik perhatian pengunjung.

Kondisi serupa juga terjadi terhadap beberapa mobil besutan jurusan Teknik Mesin ITS lainnya, seperti Sapu Angin dan Sapu Angin Surya, serta mobil Antasena besutan mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi.

“Antasena ini adalah satu-satunya mobil berbahan bakar hidrogen di Indonesia. Kami menargetkan bisa berlaga di Shell Eco Marathon 2014 di Filipina dan Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC),” tutur Kepala Unit Antasena, Yasfi.

Sementara itu, jurusan Sistem Informasi ITS turut menampilkan inovasi fenomenal mahasiswa mereka. Salah satunya adalah Blood Bank Information System (BloobIs) yang merupakan aplikasi berbasis web untuk pemesanan darah yang sukses meraih penghargaan di Indonesia ICT Award (INAICTA) 2013. Lain lagi dengan jurusan Teknik Elektro ITS yang memamerkan karya berupa Smart Lamp dan printer Braille sebagai produk unggulan.

Rasa bangga pun muncul dari para pengunjung. Salah satunya adalah Aufar Nugraha. Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin ITS itu berharap, ke depan, raihan prestasi tersebut dapat terus ditingkatkan. ”Semoga ITS yang menjadi salah satu titik tumpu kemajuan teknologi di Indonesia ini lebih peka lagi terhadap bangsa agar memberi nilai manfaat,” imbuh Aufar.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.