Unjani Dirikan RS Gigi dan Mulut Pendidikan

oleh -87 views
Logo UNJANI
Arrief Ramdhani
Logo UNJANI
Logo UNJANI

KEBUTUHAN masyarakat akan rumah sakit (RS) khusus gigi dan mulut di Kota Cimahi sangat mendesak sekali, untuk itu Yayasan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) selaku pengelola Universitas Achmad Yani (Unjani) Cimahi melaksanakan pembangunan rumah sakit yang khusus menangani penyakit tersebut.

Ketua Pengurus YKEP Mayjen (Purn). Adi Mulyono mengatakan pembangunan RS yang akan memiliki 5 lantai tersebut menurut rencana akan berjalan selama 9 bulan dan sudah dimulai sejak Kamis (24/4/2014).

banner 728x90

“kita menargetkan proses pembangunan hanya berlangsung selama 9 bulan saja karena kebutuhan RS khusus ini sangat mendesak. Kalau tak ada hambatan, mudah-mudahan pembangunannya tuntas sesuai rencana yang kita harapkan,” katanya.

Lokasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unjani berada di Jl. Encep Kartawiria- Citeureup Cimahi Utara Kota Cimahi. Sejak Program Studi Pendidikan Dokter Gigi didirikan pada 2009 lalu, salah satu syarat mutlak pendirian program ini adalah terjaminnya ketersediaan fasilitas kepaniteraan klinik yaitu RSGMP sebagai sarana pembelajaran mahasiswa menuju tahap profesi.

Diakuinya, pihaknya terkendala oleh kurangnya RS yang dapat digunakan sebagai tempat praktek mahasiswanya. Karena, hingga kini hanya RS Dustira saja yang bisa digunakan, sementara jumlah mahasiswa kedokteran gigi ini terus meningkat setiap tahunnya. “Saat ini, mahasiswa dari kedokteran gigi ada sekitar 200 orang. Sedangkan di sekitat Bandung, universitas yang punya RS sendiri baru Maranatha dan Unjani saja,”ujarnya.

Pembangunan RS yang akan menelan anggaran mencapai Rp45 milyar itu bahkan ke depannya akan ditingkatkan menjadi bertaraf internasional. Karena selain dilengkapi dengan ruang rawat inap khusus bagi pasien gigi dan mulut, RS ini pula menyediakan pemeriksaan dokter spesialis kandungan, mata dan lainnya. “Sehingga kami mengharapkan dengan adanya fasilitas kesehatan disini bisa membantu masyarakat sekitar yang butuh untuk memeriksakan kesehatannya,”tambahnya. (pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.