Universitas di Indonesia Jajal Kerja Sama dengan Naresuan University Thailand

oleh -23 views
kemdiknas.go.id
Arrief Ramdhani
kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

SEHARI sebelum menyerahkan gelar Doktor Honoris Causa kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, para delegasi dari Naresuan University dan rektor-rektor universitas di Indonesia menggelar workshop kerja sama. Hadir di workshop tersebut rektor dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Universitas Tanjungpura, Universitas Negeri Semarang, Unesa, UNJ, UNY, UPI, ITS, dan perguruan tinggi lainnya.

“Ini kesempatan baik, mumpung mereka datang kemari untuk menyerahkan Honoris Causa, kita manfaatkan untuk menjalin kerja sama,” ujar Direktur Kelembagaan Dikti Ahmad Jazidi, usai workshop kedua negara, Jumat (5/4) sore.

Universitas Naresuan Thailand memiliki latar belakang pendidikan bidang keguruan. Itulah mengapa, beberapa LPTK diundang dalam workshop ini agar bisa mengembangkan kerja sama lebih baik dengan universitas Naresuan. Dan sekarang universitas di Thailand tersebutpun telah merambah ke pendidikan profesi, terutama keperawatan. “Oleh karena itu kita undang Unair juga, karena mereka memiliki profesi keperawatan. Dan menurut catatan, UGM sudah menjalin kerja sama pendidikan bidang nursing tersebut,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Rektor UNY Rochmat Wahab mengatakan, UNY telah memulai kerja sama dengan Naresuan University di bidang pembelajaran bahasa, terutama perancis dan bahasa internasional Bahasa Inggris. “Oleh karena itu, kemarin kita kirim mahasiswa bahasa S1 yang dapat full scholarship master degree di Naresuan. Beasiswa ditanggung oleh mereka, kecuali untuk pemberangkatan kesana kita bantu untuk 2 mahasiswa kita,” katanya.

Selain beasiswa, kedua universitas ini melakukan pertukaran dosen, dri Naresuan University ke UNY dan sebaliknya. Begitu pula bagi mahasiswanya, UNY mengirimkan 9 mahasiswa dari berbagai program studi di fakultas bahasa dan seni, dan ada 9 dari Naresuan University ke UNY selama 3 minggu.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.