Unisba-RSUD Al Ihsan Jalin Kerja Sama

Thursday 10 October 2013 , 10:41 AM
Unisba

Unisba

UNIVERSITAS Islam Bandung menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan. Hal tersebut guna menjadikan RS Al Ihsan sebagai RSUD Pendidikan.


Kerja sama tersebut dituangkan antara Unisba, RSUD Al Ihsan, serta Pemprov Jabar di aula barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (9/10/2013).

“Secara umum ini merupakan perjanjian kerja sama antara Al Ihsan dan Fakultas Kedokteran Unisba untuk menjadikan RSUD tersebut sebagai RS pendidikan sebagaimana Fakultas Kedokteran Unpad praktik di RS Hasan Sadikan,” ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan seusai proses kerja sama, Rabu (9/10/2013).

Menurut dia, Unisba mengambil RS Al Ihsan sebagai mitranya dalam rangka praktik kedokteran mahasiswanya. Dengan begitu, RS Al Ihsan akan menjadi RS pendidikan.

“Sekaligus ini akan memacu untuk segera memproses Al Ihsan sebagai RS pendidikan, SK menyusul nanti dari Menkes,” kata dia.

Dengan kerjasama ini, Pemprov berharap dapat meningkatkan status rumah sakit yang berada di Baleendah Kabupaten Bandung itu. Saat ini, Pemprov Jabar tengah memperbaiki sarana serta prasarana RSUD tersebut agar menjadi RS rujukan pertama di Jabar.

“Tenaga SDM-nya juga diperbaiki atau strukturnya kita tingkatkan. Kita ingin kalau di daerah itu ada RSUD yang dijadikan rujukan. Saat ini Rumah Sakit Umum Provinsi hanya RS Hasan Sadikin saja. Itu satu-satunya di Jawa Barat,” kata Heryawan.

Heryawan mencontohkan, jika ada rujukan penyakit yang tidak terselesaikan, bisa diselesaikan di RSUD di setiap Kabupaten dan Kota.

“Kalau rujukannya ke RSHS, nanti terlalu penuh dan akhirnya tidak tertangani. Karena itu, kita akan tampil sebagai RS rujukan,” tutur pria yang akarab disapa Aher ini.

Sementara itu, Rektor Unisba Thaufiq Boesoirie mengatakan, sebelumnya FK Unisba belum memiliki rumah sakit pendidikan. Sebelumnya, mahasiswanya melakukan praktik secara menyebar.

“Dengan adanya kerjasama ini bisa mempermudah para mahasiswa untuk menggelar praktik,” kata dia.

Selain itu, kerja sama tersebut dapat menghemat dana. Pasalnya, mahasiswa Unisba selalu menjadi konsumen dengan membayar rumah sakit untuk melakukan praktik kedokteran.

“Nah, dengan adanya ini, mudah-mudahan bisa menghemat biaya, karena tempatnya sudah disediakan oleh pemerintah,” tuturnya.(inilahkoran.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.