Unisba Cari Pelajar Berprestasi

oleh -8 views
Unisba
Arrief Ramdhani
Unisba
Unisba

UNIVERSITAS Islam Bandung (Unisba) mencari pelajar berprestasi. Mereka meningkatkan kuota penjaringan mahasiswa baru dari jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

“Penjaringan melalui PMDK diperkuat, peminatnya terus meningkat. Kuotanya 50-50 dengan pendaftar dari jalur ujian saringan masuk (USM),” kata Rektor Unisba Thaufik S Boesoirie di Bandung, Jumat (26/6/2015).

banner 728x90

Menurut dia, pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur PMDK dilakukan lebih awal melalui penilaian akademis SMA. Lebih lanjut, Thaufik menyebutkan, jumlah pendaftar juga terus meningkat setiap tahun ajaran baru.

“Pada tahun ajaran 2015-2016 kali ini kami menargetkan 9.200-an pendaftar,” katanya.

Meski demikian, mahasiwa yang akan diterima hanya sekira 30 persen atau sekira 3.200 orang. Angka ini disesuaikan dengan rasio pengajar di kampus Islam yang berlokasi di Jalan Tamansari Kota Bandung itu.

Khusus untuk tiga fakultas, yakni kedokteran, komunikasi dan psikologi, setiap peserta diwajibkan mengikuti tes tambahan yakni psikotes, di samping ujian saringan umum.

Thaufik menyebutkan, kebutuhan kursi perguruan tinggi di Jawa Barat terus meningkat. Jumlah peminat ke perguruan tinggi swasta terus bertambah. Dia mengakui masih ada “orientasi negeri” atau lebih memilih perguruan tinggi negeri, meski hal itu sudah mulai berkurang.

“Peminat ke perguruan tinggi swasta cukup tinggi, buktinya pendaftar baik melalui PMDK maupun jalur seleksi hingga gelombang kedua cukup tinggi,” katanya.

Untuk meningkatkan kualitas, Unisba lebih menekankan pengembangan fakultas yang telah ada dan tidak ada fakultas atau jurusan baru yang dibuka pada tahun ini.

“Untuk program strata satu tidak ada penambahan program studi, penambahan hanya dilakukan untuk S-3 Komunikasi,” imbuhnya.(news.okezone.com)